Print This Article Print This Article Email This Article Email This Article

Trading System

Simple Trading System – for Stocks, Options, Gold and Mutual Fund/Reksadana

Trading System sangatlah penting dalam investasi saham maupun investasi reksadana. Dengan Simple Trading System anda dapat mengetahui persis kapan harus beli atau jual saham anda.

„Bisnis Investasi Saham merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan jika mengetahui caranya, kesalahan utama orang dalam berinvestasi saham adalah memprediksi pergerakan pasar. Analisa dan Antisipasi gerakan pasar, kenali tanda-tandanya dan ikuti arahnya, maka anda akan berhasil “Valen BL.

Pengelolaannya secara umum ada dua style:

  • passive income, dikelola secara investor
  • active income, dikelola secara trading

Hal sangat penting yang anda perlukan adalah strategy agar hasil yang anda inginkan tercapai dan terhindar dari koreksi dalam berkepanjangan.

Berinvestasi itu tidak harus mahal tapi bisa murah, karena investasi saham sangat tergantung keinginan masing-masing individual berapa besar dana yang ingin diinvestasikan, harganya pun sangat variatif dan terjangkau.

Bagi anda yang sudah berinvestasi tentu sering kali menjumpai situasi, bahwa anda direkomendasikan membeli oleh broker anda tetapi ternyata berminggu-minggu situasi pasar terkoreksi, hal ini pun sering saya alami dahulu. Jawaban mereka sederhana, di simpen saja nanti juga naik lagi….saya setuju….tetapi berapa lama???? Dana terjebak???..likuiditas hilang!!!.

Hal ini yang membuat banyak orang bingung dan merasa bahwa investasi saham maupun reksadana merupakan investasi yang sulit dan terkadang terkesan seperti main tebak-tebakan.

Namun pada kenyataannya  investasi harus dapat kita kontrol bukan hanya menyerahkan sepenuhnya pada broker atau apalagi pasar. Dengan Simple Trading System yang sangat sederhana,  yang telah dikembangkan  dan diterapkan untuk Saham, Options, komoditas Emas dan Reksadana pada pasar Indonesia dan Amerika, siapa pun dapat mengelola investasinya sendiri.

sebagai contoh:

Dengan Indikasi STS / First Signal system anda dapat mengantisipasi dari koreksi tahun 2008 yang terjadi sebesar -40% dari portofolio anda, dan masuk kembali ke market dengan unit penyertaan hampir 2 x lipat saat anda keluar dari market, artinya saat Index kembali ke level dimana anda keluar, saat itu posisi anda bukan lagi BEP tapi gain hampir 100%. Jadi pertimbangkanlah potensial yang terlewatkan jika investasi kita tidak kita kelola secara optimal.

Pada index BEI / IHSG  selama 5 tahun kebelakang

dikelola dengan STS 281,08% VS 194,77% dikelola konvensional

Pada saham BUMI selama 5 tahun kebelakang

dikelola dengan STS 475,72% VS  316,55% dikelola konvensional

Jika anda memutuskan untuk berinvestasi di dunia saham dan reksadana, maka jadilah investor atau trader yang berstrategy.

  • bukan saatnya lagi anda bertanya, saham atau reksadana apa ya yang bagus kepada broker anda atau bank anda atau mendengarkan rumor, tetapi anda yg memilih saham apa, atau reksadana apa yang akan anda beli
  • bukan saatnya lagi broker menyarankan anda bertransaksi, tetapi anda yg memutuskan kapan anda beli, kapan anda menambah posisi dan kapan anda jual.
  • saatnya anda mengatur keuangan investasi anda sendiri (money management)
  • saatnya mengetahui dan melatih investor/trading psychology anda
  • saatnya anda sabar dan disiplin terhadap strategy anda.