Print This Article Print This Article Email This Article Email This Article

Options US

Options bisa kita jumpai di berbagai bidang, karena pada intinya options adalah kontrak perjanjian, namun disini yang akan kita bahas adalah Options sebagai produk derivative (turunan) dari saham di pasar saham Amerika.

Jadi Options adalah kontrak resmi yang memberikan hak (tanpa kewajiban) untuk membeli atau menjual suatu saham pada harga tertentu dan dalam jangka waktu tertentu.

Option memiliki dua tipe:

  1. Call Options

Call options adalah kontrak resmi yang memberikan hak untuk membeli suatu saham pada harga tertentu dan dalam jangka waktu tertentu

  1. Put Options

Put Options adalah kontrak resmi yang memberikan hak untuk menjual suatu saham pada harga tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. Atau kebalikkan dari Call Options.

Instrument Options ini banyak digunakan oleh pelaku pasar untuk berbagai fungsi sesuai dengan tujuan masing-masing investor/trader:

  1. Proteksi nilai Saham (sebagai asuransi nilai saham)

Options berfungsi sebagai proteksi nilai saham yang kita miliki dengan cara membeli Put Options. Dengan membeli Put Options ini maka investor berhak menjual sahamnya pada harga tertentu meskipun dipasar harga saham tersebut telah turun bahkan sampai bernilai 0 sekalipun.

  1. Pengelolaan lebih lanjut dari Saham yang dimiliki

Dengan menggunakan strategi Covered Call, maka investor dapat menjual kontrak Call Options dengan menjaminkan saham yang dimilikinya, dan akan mendapatkan kuntungan dari nilai waktu seperti hasil sewa selama jangka waktu yang ditentukan.

  1. Leverage

Dengan hanya membeli Options tanpa membeli sahamnya, maka seorang investor akan memerlukan modal yang jauh lebih kecil. Serta dengan system perhitungan Options  ini memberikan leverage bagi investor tersebut seiring dengan nilai saham acuan berbanding dengan harga saham yang dipilih dalam kontrak Options (Strike Price).

  1. Discount

Dengan menawar suatu saham terlebih dahulu melalui pembelian Put Options (naked Put), maka seorang investor akan memperoleh sahamnya dengan harga yang lebih baik apabila harga saham acuan tersebut telah menyentuh harga penawaran sesuai dengan harga penawaran saham yang terlah dipilih dalam kontrak Put Options (Strike Price)

  1. Investasi

Adapun yang mengelola Options seperti investasi saham pada umumnya, sesuai dengan kondisi market apakah bullish, sideways atau bearish dengan mengoptimalkan fungsi Call Options dan Put Options.

Contoh: options untuk saham Alcoa

AA Jan 21, 2010 11.00 Call               price USD 1.51

Artinya : call Options dari saham Alcoa

Expired date pada 21 January 2011

Strike USD 11.00

Harga USD 1.51