Print This Article Print This Article Email This Article Email This Article

Pasar Amerika

Pasar saham Amerika adalah salah satu pasar saham tertua di dunia. Seperti New York Stock Exchange (NYSE) adalah bursa tertua di Amerika dengan perjalanan sejarah dimulai pada tahun 1792.

Perdagangan Saham pada pasar Amerika telah menjelma menjadi bursa dengan kapitalisasi terbesar di dunia. Bahkan hampir seluruh perusahaan terbaik dunia dari berbagai macam negara  turut serta untuk listed dalam Pasar Saham Amerika.

Tiga Index Utama pada Pasar Amerika adalah Dow Jones, Nasdaq dan S&P 500 yang banyak di perhatikan oleh pelaku pasar dunia.

Salah satu yang paling populer adalah Index Dow Jones Industrial Average. Index ini bukanlah berawal dari sebuah sekuritas, melainkan berasal dari semua perusahaan penerbit koran untuk berita financial yaitu Dow Jones & Company yang didirikan pada tahun 1882 oleh Charles Dow, Edward Jones dan Charles Bergstresser. Mereka ini lah yang memulai memperhatikan sekelompok perusahaan-perusahaan terbaik yang terpilih masuk dalam list Dow Jones. 30 perusahaan terbaik yang masuk dalam list Dow Jones mewakili seluruh sector ekonomi di amerika, kecuali transportasi dan utility.