Indonesia Market

“First Signal” telah memberikan indikasi FG untuk IHSG pada 19 October 2011, walaupun diwarnai koreksi IHSG yang cukup dalam pada 20 October 2011, namun pergerakan ini berhasil membawa IHSG berada kembali pada level 3800 hingga akhir perdagangan minggu kemarin.

Pergerakkan ini tentunya akan diwarnai oleh aksi profit taking seperti yang dapat kita pantau pada hari jumat dan pergerakkan perdagangan di hari ini 31 October 2011. Tetap waspada akan pergerakkan market dikemudian hari, walau indikasi First Signal memberikan green area pada IHSG namun tetap waspada akan support yang terbentuk oleh pergerakkan pasar.

Jika IHSG berhasil melalui aksi profit taking dalam batas yang wajar dan tentunya sentimen negatif bursa dunia kembali mereda, maka IHSG berpeluang besar untk menguji level resistance berikutnya.

Untuk para member “First Signal” pantau daily indikasi signal report secara berkala baik untuk makro indikator maupun saham individual, mengingat secara global kondisi ekonomi europa dan amerika belumlah pada kondisi setabil atau solid.

Indikator Money Management masih pada level yang sama, tetap waspada akan pergerakkan market di minggu ini mengingat IHSG masih bergerak dalam range terbatas anatara resistance dan supportnya.

First Signal / STS  memberikan indikasi green on IHSG market FG 19 October 2011. Tetap waspada akan pergerakkan market yang membuat IHSG berpeluang untuk menguji level resistance 3872.

IHSG memiliki resistance pada 3829 dan support pada 3730.

US Market

Indikasi signal FG yang lebih awal terindikasi oleh “First Signal” pada 12 October 2011 dibandingkan signal FG pada IHSG, berhasil menggerakkan index Dow Jones untuk bergerak uptrend secara jangka pendek dan kembali bertengger pada level 12000.

Aksi Profit taking tentunya tidak akan jauh berbeda dengan IHSG, kenaikan yang sudah cukup tinggi sejak FG pertamanya tentunya membuat para investor jangka pendek cenderung untuk merealisasikan keuntungan, namun hal ini wajar dan kita pantau pergerakkan akan support yang terbentuk di Market.

Minggu ini akan ada beberapa agenda ekonomi yang dapat mempengaruhi pergerakkan index Dow Jones. Pantau dengan cermat antisipasi para pelaku pasar dan tentunya  untuk para member tidak lupa memantau daily “First Signal” indikasi signal report.

Pergerakkan positif  ini akan memberikan Index Dow Jones untuk menguji level resistance berikutnya pada 12317. Namun tetap waspada pada supportnya.

First Signal / STS  memberikan indikasi green on Dow Jones market. Pantau posisi anda mengingat kondisi market yang masih sangat volatile.

Index Dow Jones memiliki resistance pada 12271 dan support pada 11706.

SPDR GOLD

Setelah hampir sebulan lebih pergerakkan komoditas emas mengalami tekanan, akhirnya pada 25 October 2011, “First Signal” kembali mengindikasikan FG pada pergerakkan SPDR-Gold. Hal ini ditandai dengan berhasilnya keluar dari pergerakan kanal yang terjadi dan ditutup diatas resistance nya 164.

Sentimen yang terjadi belumlah solid untuk mendukung pergerakan emas kembali, namun volume perdagangan SPDR-Gold, telah menunjukkan perbaikkan dengan bergerak diatas average volume nya.

First Signal / STS masih memberikan indikasi green on SPDR-Gold.

SPDR Gold  memiliki resistance pada 170.32 dan support pada 167.59.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)