Indonesia Market

Situasi Market regional maupun global masih diwarnai keraguan apada awal minggu perdagangan kemarin.

Support IHSG pada 3656 kembali mendapat ujian pada 24 November 2010 seiring dengan melemahnya kondisi pasar Amerika dan kekhawatiran perkembangan Eropa terutama kondisi Irlandia. Resistance IHSG yang adapun tidak berhasil dilalui, bahkan market membentuk lower resistance.

Kondisi pasar yang sedikit membaik pada 25 November 2010, seiring dengan berhasilnya IHSG ditutup diatas support sehari sebelumnya membuat market mengalami technical rebound yang sangat baik. Namun sayang kondisi yang mulai membaik kembali diwarnai kekhawatiran baru yang mengagetkan banyak pihak akan ketegangan yang makin memanas di semenanjung Korea.

Kondisi kritis ini kembali membuat banyak investor memilih untuk mengamankan posisinya dengan merealisasikan keuntungan. IHSG pun tidak dapat bertahan lebih jauh selain terkoreksi cukup dalam dan menuju lower support barunya.

Situasi ini tentu memberikan peluang baru baik untuk menambah posisi maupun membuka posisi baru pada level yang lebih baik atau rendah.

Perhatikan kondisi market dengan seksama dan pantau sinyal buy ataupun koreksi yang lebih dalam seiring dengan perkembangan global seiring dengan sinyal STS.

Saat bullish/rebound  kembali tentu sinyal trading akan bermunculan, yang siap anda konversikan menjadi sinyal investasi saat market menuju new higher. Kenali sinyal yang diberikan pasar sedini mungkin.

IHSG saat ini  memiliki support  pada kisaran 3.605 dan resistance pada 3.702.

Note: Garis putus-putus hitam, menggambarkan support dan resistance yang terbentuk selama perdagangan minggu lalu. Garis putus-putus merah menggambarkan support terkini. Garis putus-putus biru menggambarkan resistance terkini.

US Market

US market tidak jauh berbeda dengan kondisi index dunia dan IHSG. Walaupun koreksi berhasil di support secara technical dan market kembali mengalami technical rebound yang di dukung oleh libur thanksgiving, namun harus mengamali koreksi kembali seiring dengan kekhawatiran akan kondisi ketegangan yang terjadi di semenanjung Korea.

Secara technical dapat terlihat keraguan pasar yang terjadi dengan semakin menyempitnya range pergerakkan beberapa hari.

Minggu ini sentiment internal Amerika akan datang dari laporan kegiatan manufaktur regional dan diikuti dengan indeks penjualan rumah.

Index Dow Jones dengan support pada 11036 dan  resistancenya pada 11188.

Note: Garis putus-putus hitam, menggambarkan support dan resistance yang terbentuk           selama perdagangan minggu lalu. Garis putus-putus merah menggambarkan support terkini. Garis putus-putus biru menggambarkan resistance terkini.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)

Leave a Reply

Spam Protection by BisnisInvestasiSaham