Indonesia Market

Market yang volatile kembali membawa index global termasuk IHSG untuk menguji level supportnya satu demi satu. Beberapa posisi pun telah menunjukkan kembali indikasi FR atau kriteria untuk exit, namun masih menyisakan beberapa kandidat yang dapat bertahan dalam tekanan pasar.

Cermati dengan seksama indikasi signal yang ada dalam “First Signal” daily report untuk menentukan dan menjaga posisi, terutama dalam menentukan entry, top-up/trade maupun exit strategy sesuai support yang ada.

First Signal kembali mendeteksi FR red area pada IHSG sejak 23 November 2011, hal ini patut diwaspadai untuk perkembangan lebih lanjut, mengingat indikasi ini menandakan optimis level pada pasar semakin melemah dan market berpeluang untuk menguji level support yang terbentuk.

Tekanan yang ada pada pasar masih berputar pada pemulihan ekonomi global, terutama kekhawatiran akan penyelesaian utang-utang negara europa dan tentunya kegagalan super commission pada pemerintahan Amerika untuk menyelasaikan permasalahan tingkat utang Amerika Serikat.

Dua  indikator First Signal telah mengalami perubahan baik Makro Indikator maupun Money Management indikator, waspada akan pergerakkan market pada perdagangan minggu ini dan antisipasi indikasi signal yang diberikan oleh First Signal secara berkala.

First Signal / STS  memberikan indikasi red on IHSG market FR 23 November 2011.

IHSG memiliki resistance pada 3735 dan support pada 3624.

US Market

Index Dow Jones yang tidak luput dari tekanan global langsung memberikan indikasi signal FR pada First Signal sejak 21 November 2011, hal ini tentunya diiringi oleh tekanan pada saham-saham secara individu, dimana dapat kita pantau mulai bermunculannya indikasi FR,  bahkan beberapa saham memberikan indikasi untuk shorting.

Waspadai pergerakkan index diperdagangan minggu ini dan selektive dalam memilih kandidat mengingat volatilitas kembali meningkat seiring ketidak pastian yang terjadi di pasar.

Pantau indikasi “First Signal” dailiy report guna menjaga posisi anda baik long maupun short.

First Signal / STS  memberikan indikasi red on Dow Jones market FR 21 November 2011.

Index Dow Jones memiliki resistance pada 11378 dan support pada 11228.

SPDR GOLD

Pergerakkan emas yang cenderung terkoreksi pada perdagangan minggu kemarin, selain factor sentimen negativ dipasar, tentunya juga karena menguatnya US dollar.

Namun pergerakkan pada akhir minggu kemarin formasi candle kembali memberikan harapan akan mampunya support yang terbentuk untuk menahan laju koreksi.

Indikasi First Signal untuk SPDR-Gold masih belum menunjukkan FR namun memberikan indikasi pelemahan trend seiringn penurunan volume perdagangan yang terjadi.

STS/First Signal masih memberikan indikasi green on SPDR-Gold FG 25 October 2011.

SPDR Gold  memiliki resistance pada 165.37 dan support pada 162.07.

“Cermatilah, Kenali dan Antisipasi-lah indikasi signal yang diberikan oleh market”

 

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)