Indonesia Market

Setelah IHSG mengalami kenaikan yang sangat signifikan setelah libur panjang, maka market kembali mengalami koreksi 4 hari secara berturutan. Hal ini wajar dimana sebagian investor mulai merealisasikan keuntungan dan sudah kita lihat pada range support dan resistance yang telah kita perhitungkan pada situasi market minggu lalu.

Support pada kisarran 3341 berhasil menahan laju ambil untung yang terjadi di pasar, bahkan market kembali menunjukkan keperkasaannya dengan menembus resistance 3384 pada tanggal 24 September 2010, kondisi ini yang membantu kita untuk tetap mempertahankan posisi sementara atau bahkan membeli saham-saham yang telah memenuhi kriteria STS. Walaupun demikian tetap pantau posisi anda secara cermat untuk posisi Trading dan Investor, jangan batasi keuntungan anda biarkan melaju seiring dengan perkembangan pasar, namun selalu waspada akan sinyal jual.

Penutupan hari ini 27 Sepetember 2010 pun kembali memberikan angin segar dengan terbentuknya level tertinggi baru untuk IHSG. Sekali lagi saya ingatkan untuk memantau sinyal-sinyal yang akan diberikan pasar pada hari-hari kedepan.

IHSG saat ini masih memiliki support  pada kisaran 3341 dan resistance pada 3384.

US Market

Seirama dengan IHSG, Dow Jones pun yang mengalami kenaikkan yang sangat baik akhirnya mengalami koreksi sesaat selama 3 hari, dan range support 10595 yang telah kita perhitungkan berdasarkan STS pada Situasi Market minggu lalu berhasil mempertahankan laju ambil untung yang terjadi.

Pada Jumat 24 September 2010, market Amerika kembali mendapat angin segar dengan diumumkannya data ekonomi yang baik, dan Dow Jones kembali bergairah dan ditutup diatas level resistance 10761.

Hal ini sama dengan kondisi IHSG kita, situasi pasar yang positif namun ditemani oleh indikator yang hampir sebagian besar telah dalam kondisi Overbought. Tetaplah waspada jangan terlena, ikuti irama pasar namun cermat terhadap sinyal-sinyal jual yang akan muncul.

DOW memiliki support baru pada 10662 dan resistance pada 10761

Kita nantikan sinyal-sinyal lanjutan yang akan diberikan market akan perkembangan situasi ekonomi global berikutnya.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)

Leave a Reply

Spam Protection by BisnisInvestasiSaham