Indonesia Market

IHSG berhasil melewati level psikologis 3000 pada 21 July 2010, pergerakkan pada level ini sempat mengkhawatirkan terutama pada hari tersebut pergerakkan IHSG untuk melewati batas 3000 banyak diwarnai oleh pergerakkan saham-saham second dan third liner saja., namun kemudian sebagian saham-saham Blue chip seperti Astra International , United Tractor dan Telkom turut memperkuat posisi IHSG untuk tetap berada di atas level ini.

Untuk Investor kondisi ini kembali memperkuat posisi investasi, tidak banyak peluang untuk posisi baru namun tetap ada kesempatan-kesempatan yang baik untuk menambah porsi investasi, sedangkan trader disuguhkan begitu banyak kesempatan dari semua lapis saham yang bergerak sangat memukau dalam menyambut IHSG di 3000.

Jaga posisi masing-masing sesuai STS Investor dan Trader, dan antisipasi sinyal lanjutan yang akan  diberikan pasar dalam menentukan arahnya lebih lanjut.

IHSG saat ini  memiliki support pada 2950 dan resistance pertama pada 3050.

US Market

Pada sesi Earning yang berlanjut banyak hasil positif yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan besar, hal ini sangat membantu menumbulkan sentiment positif di bursa US.

Beberapa data positif timbul siulih berganti seperti new home sales mengalami peningakatan , forecast yang sangat optimis dari FedEx, peningkatan profit raksasa DuPont dan lain sebagainya. Bahkan beberapa perusahaan besar Europa juga memberikan hasil yang baik seperti Deutsche Bank serta data-data ekonomi Jerman yang sangat kuat. Selain itu perusahaan penerbangan Air France dan KLM pun secara mengejutkan telah kembali pada posisi profit. Walaupun demikian kita masih belum berada di jalan bebas hambatan, beberapa sektor masih mengalami ketegangan dan mengharuskan perampingan seperti yang dialami oleh United Technoligies yang masih harus merumahkan 1,500 lebih pekerjanya.

Secara keseluruhan penurunan market US saat ini mulai memperlihatkan pola higher high and higher low yang masih akan kita nantikan konfirmasi pergerakkan ini di hari-hari yang akan dating.

DOW memiliki support pada 10,005 dan resistance pada 10,400.

Kita nantikan sinyal-sinyal lanjutan yang akan diberikan market akan situasi pasar dan coporate action dalam minggu ini.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)