Indonesia Market

Komitmen hasil pertemuan G20 yang menyatakan mereka akan berusaha sebaik mungkin untuk menghindari terjadinya perang kurs nampaknya kembali memberi angin segar kepada stock market, walaupun sedikit kekhawatiran masih membayangi pasar.

Namun yang kita perhatikan sinyal-sinyal yang terjadi di market, sesuai dengan posisi  saham masing-masing. Hampir sebagian besar memberikan sinyal hold.

Hari ini 25 October 2010 IHSG berhasil ditutup diatas resistancenya 3593, bahkan diatas all time high resistance IHSG yang terbentuk pada 14 October 2010 di 3618. Support IHSG yang terbentuk pada 18 October 2010 di 3567 berhasil menahan laju sentiment koreksi yang menekan pergerakkan IHSG sepanjang perdagangan minggu lalu.

Walaupun IHSG bergerak dalam range yang sempit, namun volume perdagangan dan nilai transaksi masih dapat dibilang stabil dengan pergerakkan saham-saham lapis kedua dan ketiga secara bergantian dan diwarnai juga oleh pergerakkan beberapa saham unggulan yang berkapitalisasi besar.

Arus dana asing yang masuk ke bursa Indonesia masih mencatatkan pergerakkan positif.

IHSG memberikan sinyal awal untuk kembali keluar dari pergerakan range yang sempit dan dalam proses pembentukkan resistancenya yang baru.

IHSG saat ini  memiliki memiliki support  pada kisaran 3.579 dan resistance pada 3.593.

Note: Garis putus-putus hitam, menggambarkan support dan resistance yang terbentuk selama perdagangan minggu lalu. Garis putus-putus merah menggambarkan support terkini. Garis putus-putus biru menggambarkan resistance terkini.

US Market

US Market diwarni banyak sentiment positif pasar yang di gerakan oleh banyaknya EPS perusahaan yang diumumkan dengan hasil yang positif bahkan tidak sedikit yang membukukan kinerja di atas ekspektasi para analyst.

Kekhawatiran akan perang kurs mata uang sempat mewarnai jalannya perdagangan pada minggu lalu, namun seperti sudah kita bahas diatas bahwa komitmen dari pertemuan G20 yang berlangsung dapat meredam kembali kekhawatiran tersebut.

Laporan mingguan jumlah pengangguran yang tercatat di negara-negara bagian juga memberikan penurunan angka, walaupun masih mengalami kelesuan di sektor lapangan kerja baru.

Namun kondisi jenuh beli tetap mewarnai bursa dengan range perdagangan mingguan yang menyempit.

DOW memiliki support baru pada 10978.6 dan resistance pada 11146.

Note: Garis putus-putus hitam, menggambarkan support dan resistance yang terbentuk           selama perdagangan minggu lalu. Garis putus-putus merah menggambarkan support terkini. Garis putus-putus biru menggambarkan resistance terkini.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)

Leave a Reply

Spam Protection by BisnisInvestasiSaham