Indonesia Market

Pergerakan yang flat dalam perdagangan minggu kemarin ditutup dengan optimis pasar yang tinggi dengan membentuknya indeks IHSG rekor tertinggi terbaru.

Hal ini memicu aksi pembelian sesaat saham unggulan, namun pergerakkan signifikan tersebut kembali mereda menjelang long weekend untuk perayaan Hari Raya Paskah, Investor dan Trader lebih memilih berhati-hati.

Kondisi pasar yang sudah memasuki situasi overbought membuat pergerakkan bursa semakin terbatas tanpa adanya sentimen positif yang sangat kuat untuk membentuk uptrend yang baru. STS Trader wajib waspada atas kondisi ini, mengingat wave yang terjadi atas kandidat-kandidat buy juga mulai tampak memendek kembali. Untuk STS Investor anda masih dapat tenang dan menjaga kondisi posisi yang ada, dan memantau perkembangan market untuk new entry, re-entry ataupun Top-up posisi.

Kekhawatiran pasar masih secara umum tertuju pada pergerakkan harga minyak mentah dunia yang semakin tinggi, dengan semakin memanasnya kembali konflik di timur tengah. Unsur ketidak pastian ini yang turut mengerek harga komoditis emas ke level tertingginya sepanjang sejarah.

Mari kita pantau pergerakkan market kita kedepan dan dispilin atas system yang ada baik STS Investor maupun STS Trader.

IHSG saat ini memiliki trading resistamce pada 3801 dan trading support pada 3732.

US Market

Koreksi terbatas yang dialami bursa Amerika kembali ditutup dengan kenaikan bursa menjelang libur panjang, dengan ditopang beberapa laporan kinerja perusahaan-perusahaan besar amerika yang melampaui ekspektasi para analyst.

Berhasilnya beberapa perusahaan besar membukukan keuntungan yang lebih baik dan di dukung dengan pertumbuhan beberapa data ekonomi kembali mengangkat bursa Amerika ditengah kekhawatiran masyarakat amerika akan naiknya dan semakin mahalnya harga energi, terutama menjelang perayaan easter.

Kenaikan yang terjadi masih terbatas walaupun indeks Dow Jones kembali berhasil membentuk higher high dan higher low.

Perhatian utama dunia masih tertuju pada perkembangan harga minyak mentah dan spekulasi atas kondisi yang tidak menentu terhadap harga komoditas emas.

STS Trader harap waspada akan kandidat baru dan menjaga posisinya, serta STS Investor dapat lanjut memantau posisi yang ada.

Index Dow Jones memiliki trading resistance pada 12506 support pada 12201.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

 

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)