IHSG

Kondisi market secara global tertekan akibat berita negatif yang datang dari benua Europa, walaupun demikian secara longterm IHSG masih dalam jalur uptrendnya, yang dimana tentu diwarnai oleh koreksi-koreksi midterm. Hal ini wajar mengingat market selalu bergerak dynamis seiring dengan perkembangan pasar dan aksi realisasi keuntungan midterm-investor.

Dalam perjalanan trend nya terlihat pada chart 2010-2011, IHSG telah mengalami beberapa koreksi midterm yang terdeteksi secara technikal melalui trend-line nya dan dipertegas oleh sinyal STS. Seperti kita lihat koreksi terakhir pada tahun 2010 dapat terpantau melalui system STS sejak bulan november 2010 yang berlangsung hingga February 2011, IHSG mengalami penurunan sebesar -11,62%.

Dan sejak February 2011 kita kembali mengalami market yang bergairah dan IHSG kembali membentuk trend-line nya yang baru yang masih bersifat midterm, namun trend ini menunjukkan pelemahan trend pada 09 May 2011, dimana IHSG ditutup dibawah lower trend-line dan kembali mendapat tekanan dengan sentimen negatif dari benua Europa.

Pantau posisi anda kedepan secara cermat, perhatikan kemungkinan perubahan trend yang dapat terjadi.

 

“Bull markets are born on pessimism, grow on skepticism, mature on optimism and die on euphoria” (John Templeton)

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)