Indonesia Market

Support baru yang dibentuk IHSG pada 15 November 2010 sesuai pengamatan STS Bisnis Investasi saham, kembali berhasil menahan laju koreksi IHSG. Secara technical Support ini diuji pasar selama 2 hari berturutan.

Dan pada 18 November 2010  support tersebut berhasil mendukung IHSG untuk ditutup dengan membalikkan sentimen negative market pada sesi 1 perdagangan. Kegairahan pasar ini pun tidak hanya didukung oleh investor lokal namun investor asing pun kembali masuk ke bursa kita.

Sentimen positif lain walau masih bersifat sementara datang dari Europa mengenai pertolongan dari EU dan IMF terhadap pemerintahan Irlandia. Namun publik masih menanti rincian paket yang akan dikucurkan.

Kembali sentimen negatif dan positif yang ada di pasar akan tercermin secara sendirinya pada Chart. Cermati tanda-tanda tersebut untuk menentukan strategi posisi anda sesuai STS Bisnis Investasi Saham. Cermati support dan resistance baik index maupun saham-saham anda secara individual.

IHSG saat ini  memiliki support  pada kisaran 3.673 dan resistance pada 3.757.

Note: Garis putus-putus hitam, menggambarkan support dan resistance yang terbentuk selama perdagangan minggu lalu. Garis putus-putus merah menggambarkan support terkini. Garis putus-putus biru menggambarkan resistance terkini.

US Market

US market tidak banyak mengalami sentiment negatif pada awal minggu, justru kekhawatiran krisis Irlandia dan ketidak berhasilan Obama untuk menekan China kembali menekan kondisi perekonomian Amerika. Investor pun kembali banyak mengambil posisi merealisasikan keuntungan.

Hal ini mulai mereda seiring berhasilnya kembali General Motor GM, produsen automotive kebanggaan Amerika masuk kembali/mencatatkan kembali perdagangan sahamnya di lantai bursa. Di susul beberapa sentiment positif internal Amerika yang kembali membawa angin segar.

Namun demikian volume perdagangan di bursa Amerika belumlah stabil, masih mengalami penurunan dibandingan transaksi rata-rata.

Cermati selalu Support dan Resistance anda baik untuk Index maupun saham, seiring sinyal yang diberikan STS Bisnis investasi Saham.

Index Dow Jones memiliki resistancenya pada 11202 dan  support pada 11007.

Note: Garis putus-putus hitam, menggambarkan support dan resistance yang terbentuk           selama perdagangan minggu lalu. Garis putus-putus merah menggambarkan support terkini. Garis putus-putus biru menggambarkan resistance terkini.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)

Leave a Reply

Spam Protection by BisnisInvestasiSaham