Indonesia Market

Kekhawatiran yang meningkat kembali di kawasan Europa akan penyelesaian utang dan kembalinya perdebatan untuk kondisi utang Amerika Serikat di pemerintahan kembali membuat bursa-bursa global mengalami tekanan jual.

IHSG pun tidak terlepas dari sentiment negative ini, dapat kita lihat pada akhir perdagangan hari ini IHSG ditutup dibawah support nya, sehingga memaksa indeks untuk bergerak dalam topangan support barunya.

Walau indikasi First Signal masih belum menunjukkan perubahan, namun indikator Money Management pada First Signal report 21 November 2011 mengalami perubahan level. Hal ini menandakan pergerakkan bursa mengalami tekanan, batasi dan tetapkan kriteria exit pada posisi anda sesuai support yang terbentuk dipasar untuk masing-masing individu saham dan antisipasi jika market kembali memasuki red area.

First Signal / STS memberikan indikasi green on IHSG market FG 19 October 2011. Waspada akan perubahan indikasi signal yang mungkin terjadi.

IHSG memiliki resistance pada 3764 dan support pada 3671.

US Market

Index Dow Jones walau pada penutupan perdagangan minggu kemarin masih ditutup positif, namun sentiment pasar berada pada posisi yang meragukan.

Index tepat berada pada area penentuan, walau beberapa data positif pada pasar Amerika telah keluar, hal ini belum dapat membuat sentiment positif yang cukup menggerakkan pasar.

Kita pantau pergerakkan Index Dow Jones pada minggu ini apakah mampu bertahan pada supportnya atau akan membentuk level support barunya.

First Signal / STS memberikan indikasi green on Dow Jones market. Pantau posisi anda mengingat kondisi market yang masih sangat volatile.

Index Dow Jones memiliki resistance pada 12105 dan support pada 11726.

SPDR GOLD

Pergerakkan emas /  Gold setelah berhasil rebound pada perdagangan awal minggu kemari. Kembali mengalami koreksi setelah gagal untuk kedua kalinya menguji level resistancenya pada area 174.05.

Pergerakkan masih akan diwarnai perdagangan yang volatile, pantau posisi anda dan cermati dengan seksama support dan resistance yang dibentuk pasar setahap demi setahap.

STS/First Signal masih memberikan indikasi green on SPDR-Gold.

SPDR Gold  memiliki resistance pada 170.32 dan support pada 165.72.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

 

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)