Indonesia Market

Pergerakkan Bursa dunia masih dalam taraf pemulihan akibat bencana alam yang mendera Jepang. Namun hal ini diyakini oleh banyak analis hanya sebagai koreksi sesaat mengingat penurunan bursa kali ini tidak dipengaruhi oleh factor kendala/kesalahan ekonomi namun karena ketidak pastian yang terjadi di Jepang setelah bencana, mengingat Jepang adalah salah satu Negara ekonomi kuat di dunia.

Seperti  terlihat dari pergerakkan IHSG yang dipaksa untuk mengalami koreksi kembali, namun sesekali terlihat banyak aksi beli terutama untuk saham-saham Blue Chip disaat sebagian besar pelaku pasar mengalami kepanikkan. Hal ini menjadi kesempatan baru untuk memasuki market untuk saham-saham unggulan dengan harga yang lebih baik dan masih dalam range criteria STS.

Spekullasi akan pergerakkan harga komoditaspun bermunculan mengingat Jepang akan membutuhkan dalam pembangunan kembali wilayah jepang yang terkena dampak bencana tersebut, ditambah semakin memanasnya kondisi Libya, kembali membuat harga minyak mentah naik.

Secara umum pelaku pasar masih sangat berhati-hati. Pantau posisi anda dengan baik untuk STS Investor dan STS Trader, dan dispilin akan kriteria system yang ada, dan memantau sinyal buy dan sell yang akan diberikan pasar dalam hari-hari kedepan.

IHSG saat ini memiliki trading resistance pada 3599dan support pada 3484.

US Market

Bursa Amerika pun tak berbeda dengan bursa dunia lainnya, Investor secara umum masih enggan untuk berspekulasi dengan adanya bencana alam di Jepang dan konflik di Timur Tengah.

Satu-satunya penggerak market di amerika sepanjang perdagangan munggu kemarin adalah dari factor data ekonomi internal amerika dan aksi korporasi, ditengak kekhawatiran analyst akan kemungkinan terhambatnya supply komponen-komponen produk inti yang banyak di supply dari jepang terutama elektronik.

Dan keputusan The Fed untuk mengizinkan Bank lokal menambah jumlah devidennya sempat membuat bullish saham-saham perbankan tersebut.

Minggu ini masih sangat dimungkinkan pergerakkan bursa sangat dipengaruhi spekulasi pergerakkan harga komoditas, mengingat pertempuran Negara-negara aliansi terhadap pemerintahan libya, serta langkah kedepan proses pemulihan Jepang.

Dow Jones masih berada dibawah level psychologisnya 12000, pantau posisi anda dan cermati sinyal market dengan STS Investor dan STS Trader.

Index Dow Jones memiliki trading resistance pada 12213 dan support pada 11613.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)