Indonesia Market

Bursa Dunia masih tertekan akan ketidak pastian kondisi keuangan Negara Eropa terutama Yunani.

IHSG pun selaku barometer makro pergerakkan saham-saham di market Indonesia masih mengalami tekanan. Dari Sinyal STS / First Signal sejak FR pertama pada May 2011, IHSG belom menampakkan tanda-tanda green on market. Investor masih diwarnai kekhawatiran akan perkembangan eknomi dunia selanjutnya. Pergerakkan market lebih diwarnai fluktuasi yang tidak menentu, menguntungkan bagi trader, namun membuat waspada para investor.

Kembali seperti review market pada Newsletter Bisnis Investasi Saham minggu lalu, bursa kita masih dalam tekanan. Pantau posisi anda perhatikan strategy sesuai kriteria STS / First Signal baik sebagai Trader, Midterm-investor maupun Longterm-investor. Kita waspadai perkembangan market sambil menunggu kembalinya Green area pada market (FR).

IHSG saat ini memiliki trading resistance pada 3844 dan trading support pada 3748.

 

US Market

Dow Jones pun tidak luput akan kekhawatiran masalah financial di Europa, Market bergerak negative, bahkan Index kembali tertekan dibawah level psychologisnya 12000.

Selain itu masih tidak adanya kepastian mengenai pagu utang Amerika kembali menekan market, hal ini amat penting dalam kelangsungan anggaran Negara. Namun kondisi politik berkata lain, mengingat momentumnya pun sarat akan kepentingan politik.

Pantau posisi anda dan jaga kriteria STS / First Signal sesuai karakteristik anda sebagai Trader, Midterm-investor maupun Longterm-investor. Kita nantikan arah selanjutnya pergerakkan bursa dan memantau kesempatan reversal (FR)

Index Dow Jones memiliki trading resistance pada 12570 dan trading support pada 11897

SPDR GOLD

Pergerakkan komoditas Emas selaku alternative investasi ditengah ketidak pastian bursa dunia pun kembali menguat, namun tetap waspada karena pergerakkan masih berusaha keluar dari area fluktuasi. Walaupun demikian kondisi pasar emas masih sangat kuat mengingat rally yang terjadi sejak 15 February 2011 belum menampakkan red area hingga fluktuasi area yang terjadi saat ini, market masih dapat bertahan dalam green area sesuai criteria STS / First Signal.

SPDR Gold  memiliki trading resistance pada 150.56 dan trading support pada 147.77

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

 

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)