Indonesia Market

IHSG mengalami koreksi besar seiring dengan ramainya dana asing yang ditarik keluar dari bursa, terutama terjadi pada saham-saham Blue Chip. Sehingga memaksa IHSG untuk kembali menguji level support pada 3531.

Saham-saham Blue chip telah mengalami koreksi besar, seleksi dengan cermat saham-saham tersebut sesuai STS Trader dan STS Investor, karena saham-saham tersebut pula yang akan menjadi motor utama pemulihan bursa.

Faktor kekhawatiran kondisi ekonomi Europa turut membuat keraguan pasar, disamping gairah terbatas yang di tunjukkan bursa Amerika.

Seiring dengan peningkattan permintaan kebutuhan energi dunia secara umumnya, dan kenaikkan CPO di pasar global, maka Saham-saham perusahaan seperti ADRO, ITMG, PTBA, AALI, LSIP dan SGRO dapat turut dipantau untuk investasi di 2011.

Pergerakkan IHSG memasuki pada masa transisi untuk menentukan arah pergerakkan bursa kedepan, oleh karena itu cermati dengan intensif dengan STS Investor dan Trader seiring perkembangan pasar dan sinyal yang akan di berikan, untuk menentukan posisi buy, hold maupun sell.

IHSG saat ini  memiliki support  pada kisaran 3531 dan resistance pada 3.693.

Note: Garis putus-putus hitam, menggambarkan support dan resistance yang terbentuk selama perdagangan minggu lalu. Garis putus-putus merah menggambarkan support terkini. Garis putus-putus biru menggambarkan resistance terkini.

US Market

Pasar Amerika juga mengalami kondisi yang sama seperti bursa global lainnya, yaitu penurunan volume serta nilai transaksi. Hal ini menandakan masih banyak pelaku pasar yang menunggu perkembangan kondisi Amerika dan Europa.

Walaupun demikian beberapa data internal Amerika yang positif berhasil menahan laju Dow Jones dari area negative. Serta kekalahan partai Demokrat, turut serta mempengaruhi perkembangan internal Amerika terutama dalam kebijakan tax. Kita pantau perkembangan global di minggu-minggu ini, seiring dengan berhembusnya kabar akan penurunan rating beberapa Negara Europa.

Market cenderung diwarnai trading jangka pendek dalam mengantisipasi pergerakkan pasar yang masih menyimpan keraguan.

Perhatikan posisi anda sesuai STS terutama untuk support dan resistance individual masing-masing saham.

Index Dow Jones dengan support pada 11370 dan  resistancenya pada 11450.

Note: Garis putus-putus hitam, menggambarkan support dan resistance yang terbentuk           selama perdagangan minggu lalu. Garis putus-putus merah menggambarkan support terkini. Garis putus-putus biru menggambarkan resistance terkini.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)

Leave a Reply

Spam Protection by BisnisInvestasiSaham