Indonesia Market

IHSG kembali medapat tekanan dari sentiment negative global, dimana kondisi keuangan europa terutama yunani yang kembali mendapat sorotan. Walaupun demikian pergerakkan IHSG masih dalam kanalnya dan kembali akan menguji support 2 nya pada 3735.

Selektif dalam mengambil posisi terutama untuk para investor, Pantau indikasi First Signal / STS dan disiplin untuk menjaga batas bawahnya.

Perdagangan masih diwarnai aksi ambil untung para investor dan posisi jangka pendek untuk para trader.

First Signal / STS masih memberikan indikasi red on IHSG market. Waspada pada IHSG, pola higher low telah terbentuk .

IHSG memiliki resistance pada 4021 dan support pada 3735.

US Market

Masuknya kembali investor besar dan manager investasi pada bursa Amerika pada perdagangan minggu kemarin berhasil mengangkat pergerakkan index Dow Jones ditengah bayangan kekhawatiran kondisi keuangan benua Europa.

Namun pergerakkan positif index DJ belum mampu menembus resistance kuatnya pada kisaran 11.700. Hal ini kembali menjadi pertimbangan untuk kemungkinan akan terjadinya koreksi, ditambah kondisi perekonomian amerika sendiri terutama data pengangguran yang masih mengkhawatirkan.

Tidak jauh berbeda dengan IHSG, pantau dengan cermat posisi investor dan manfaatkan indikasi First Signal / STS untuk para Trader dalam memanfaatkan pergerakkan jangka pendek.

First Signal / STS memberikan indikasi green on Dow Jones market.

Index Dow Jones memiliki resistance pada 11493 dan support pada 10992.

SPDR GOLD

Pergerakkan harga yang amat sangat tinggi telah membuat sebagian Investor pada Gold memilih untuk mengambil untung, ditambah spekulasi pergerakkan bursa saham yang positif selama perdagangan minggu kemarin. Hal ini tampak dalam pergerakkan SPDR-Gold  membentuk kanal.

Namun pergerakkan kanal ini cukup memiliki range yang besar dimana dapat dimanfaatkan oleh para trader jangka pendek.

SPDR-Gold membentuk resistance kuat pada 184.59, support ini telah gagal di tembus pada 06 September 2011, waspadai posisi anda pada Gold terutama kita nantikan apakah resistance ini akan ditembus.

Secara Technikal Gold masih dalam masa fluktuasinya, pantau indikasi signal yang diberikan First Signal / STS.

First Signal / STS masih memberikan indikasi green on SPDR-Gold.

SPDR Gold  memiliki resistance pada 184.59 dan support pada 174.40.

 

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)