Indonesia Market

Faktor kestabilan ekonomi europa masih menjadi perhatian utama para investor, berita positif  lembaga pemeringkat Fitch yang menaikan investment grade Indonesia dari BB+ menjadi BBB- belum dapat menggerakkan market lebih signifikan. Para pelaku pasar masih dipenuhi kehati-hatian akan perkembangan dan langkah lanjutan pemimpin-pemimpin Europa.

Penguatan dan pelemahan bursa yang kita alami dalam hari-hari perdagangan minggu kemarin masih berada dalam range support resistance yang sempit sebagaimana terlihat pada analisa chart IHSG oleh First Signal.

FG pada IHSG yang terindikasi pada 07 December 2011, masih belum mendapat pergerakkan yang solid mengingat saham-saham unggulan utama masih bergerak terbatas, perdagangan lebih banyak diwarnai oleh saham-saham lapis kedua dan ketiga.

Kita cermati bersama pergerakkan bursa kedepan seiring kondisi perekonomian global yang masih diwarnai keraguan akan ekonomi europa, pantau bersama First Signal seiring support dan resistance baru yang tentunya terbentuk dipasar dan memberikan kita panduan baru akan pergerakkan market kedepannya.

Nantikan  indikasi signal yang ada dalam “First Signal” daily report untuk menentukan dan menjaga posisi,  dalam menentukan entry, top-up/trade maupun exit strategy sesuai support yang ada.

First Signal / STS  memberikan indikasi green on IHSG market FG 07 December 2011.

IHSG memiliki resistance pada 3791 dan support pada 3696.

US Market

Seiring dengan bursa global lainnya, Index Dow Jones pun masih bergerak terbatas dalam rangenya. Namun laju koreksi yang terjadi pada perdagangan minggu kemarin masih mampu tertahan oleh support 11795.

Walaupun demikian trend bullish jangka pendek yang terdeteksi tampak mengalami pelemahan akibat kekhawatiran para investor yang masih menanti langkah selanjutnya akan perekonomian Europa dan tentunya data-data internal Amerika Serikat sendiri.

Secara keseluruhan market masih menanti sentiment  kuat yang dapat membentuk trend jangka panjang, disamping harapan rally jangka pendek akhir tahun masih menjadi harapan para trader.

Pantau indikasi “First Signal” dailiy report guna menjaga posisi anda baik long maupun short.

First Signal / STS  memberikan indikasi green on Dow Jones market FG 05 December 2011.

Index Dow Jones memiliki resistance pada 12093 dan support pada 11795.

SPDR GOLD

Penguatan mata uang US dollar semakin menenggelamkan kemilau komoditas emas / Gold. Hal ini semakin tajam setelah First Signal menangkap indikasi FR untuk SPDR-Gold pada 05 December 2011.

Hindari posisi long jangka menengah dan panjang untuk sementara, mengingat indikasi signal short menunjukkan kondisi yang lebih kuat.

Namun demikian tetap waspada dan pantau signal lanjutan dari First Signal, beberapa indikator telah memasuki area oversold.

STS/First Signal masih memberikan indikasi red on SPDR-Gold FR 05 December 2011.

SPDR Gold  memiliki resistance pada 156.78 dan support pada 151.86.

“Cermatilah, Kenali dan Antisipasi-lah indikasi signal yang diberikan oleh market”

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)