Indonesia Market

Pergerakan IHSG masih diwarnai range yang sempit, support yang mulai terbentuk sejak 08 October 2010 pada 3547 berhasil menahan laju koreksi indeks. Derasnya dana asing yang masuk ke dalam bursa serta diikuti oleh pembelian secara selektif oleh trader, kembali membawa IHSG berhasil melampaui resistancenya pada 3603 dalam perdagangan 13 October 2010 dan bertahan hingga penutupan perdagangan pada hari tersebut.

Kinerja IHSG pada 13 October 2010, kembali membuat sentiment positif pada hari-hari berikutnya hingga kembali tercipta new high untuk IHSG pada 3645 pada 14 October 2010, namun sayang posisi ini tidak bertahan hingga akhir perdagangan, sentiment untuk merealisasikan keuntungan semakin menekan laju IHSG yang bergerak dalam range yang sempit.

Seperti pembahasan pada newsletter minggu lalu, Market telah memasuki masa-masa koreksi. Seberapa dalam koreksi yang akan terjadi, tidak ada yang dapat mengetahuinya. Pantau kondisi market dan cermati sinyal-sinyal lanjutan yang akan diberikan market untuk menentukan langkah anda selanjutnya sesuai STS Trader atau Investor.

IHSG saat ini  memiliki masih memiliki support  pada kisaran 3.547 dan resistance pada 3.618.

Note: Garis putus-putus hitam, menggambarkan support dan resistance yang terbentuk selama perdagangan minggu lalu. Garis putus-putus merah menggambarkan support terkini. Garis putus-putus biru menggambarkan resistance terkini.

US Market

US market yang telah mengalami kondisi jenuh beli , kembali mendapat angin segar atas hasil rapat the Fed pada minggu lalu, walaupun demikian kondisi tersebut tidak lah bertahan lama setelah beberapa berita data ekonomi bermunculan, Indeks kembali bergerak dalam range yang sempit.

Laporan pendapatan beberapa perusahaan pada Senin ini diharapkan dapat memberikan sinyal di market terutama untuk sektor teknologi. Seperti kita ketahui dari rally saham AAPL yang sangat memukau beberapa minggu belakangan ini.

Namun Market secara gelobal tetap harus waspada akan perkembangan rating hutang Negara-negara di Eropa terutama Portugal, Italia, Yunani dan Spanyol. Perkembangan kondisi yang memburuk dikhawatirkan akan memicu krisis kembali.

Sentimen perang matauang antara Amerika dan China pun patut diperhatikan, karena hal ini amat sangat mempengaruhi daya saing kedua produk Negara ini yang sudah menguasai dunia, tentunya akan berimbas pada perkonomian Negara-negara lain baik secara langsung ataupun tidak langsung.

DOW memiliki support baru pada 11010 dan resistance pada 11097.

Note: Garis putus-putus hitam, menggambarkan support dan resistance yang terbentuk           selama perdagangan minggu lalu. Garis putus-putus merah menggambarkan support terkini. Garis putus-putus biru menggambarkan resistance terkini.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)

Leave a Reply

Spam Protection by BisnisInvestasiSaham