Indonesia Market

First Signal

FG untuk IHSG terdeteksi pada 12 September 2012.

STS

Current resistance 4258 and support 4224

Trend

Sentimen positif dari rencana ECB dan The Fed berhasil memberikan angin positif pada bursa-bursa unggulan dunia, tidak terkecuali IHSG. Sebagaimana kita dapatkan pada daily report “First Signal” system kembali mendeteksi indikasi FG pada 12 September 2012, hal ini pun tampak pada index beberapa sektor yang kembali mengalami breakout serta pergerakkan-pergerakkan saham secara individual.

Secara technical IHSG telah menunjukkan indikasi breakout dari Trendline jangka panjang STSInvestor (garis orange) sejak 10 September 2012 dan diperkuat dengan indikasi FG. Demikian pula dengan Trendline jangka pendeknya STSTrader (garis abu-abu), IHSG mengalami breakout pada 14 September 2012. Hal ini mendorong IHSG mencetak rekor barunya. Tetap waspada akan aksi profit taking para trader dan pantau indikasi lanjutan untuk menentukan posisi seiring trading strategy.

 

US Market

First Signal

FG untuk Dow Jones terdeteksi pada 11 September 2012.

STS

Current resistance 13727 and support 13271

Trend

Tidak berbeda dengan IHSG, index Dow Jones juga mengalami breakout pada Trendline jangka panjang STSInvestor pada 13 September 2012, dan FG dari “First Signal” system kembali terdeteksi pada 11 September 2012. Demikian pula trendline jangka pendek STSTrader (garis abu-abu) membentuk pola yang masih mendukung pergerakkan uptrendnya. News dr ECB dan The Fed membantu index untuk menembus resistancenya pada 13307. Hingga penutupan perdagangan minggu kemarin index Dow Jones masih terus berada pada jalur penguatannya. Tetap waspada dan pantau dengan cermat saham-saham yang turut mengalami breakout dan indikasi signal FG, serta akan volatilitas yang masih mewarnai sentiment pasar dunia dan cermati indikasi-indikasi signal yang terdeteksi oleh First Signal, baik entry, hold maupun exit.

 

DAX Market

First Signal

FG untuk DAX terdeteksi pada 07 September 2012.

STS

Current resistance 7502  and support 7285

Trend

FG yang terdeteksi pada 07 September 2012 merupakan awal dari aksi bergerakkanya index-index global dalam jalur penguatannya, hal ini seiring dengan menjadinya index DAX sebagai salah satu indicator perekonomian Europa dimana jerman berada pada ekonomi terkuat di zona europa. Walaupun secara trendline jangka panjang STSInvestor (garis orange) masih membentuk pola yang melebar, namun trendline jangka pendek STSTrader (garis abu-abu) terlah mengalami breakout sejak 11 September 2012, Aksi The Fed turut menjadi penggerak sentiment positif lanjutan untuk index DAX. Tetap waspada akan posisi yang ada dan cermati indikasi-indikasi trend yang baru yang akan kita analisa bersama.

 

SPDR GOLD

First Signal

FG untuk SPDR-Gold terdeteksi pada 25 July 2012.

STS

Current resistance 173.49 and support 166.33

Trend

Walaupun index-index mengalami penguatan, hal ini tidak meredam pergerakkan emas dalam penguatannya, setelah FG terdeteksi, STSInvestor (garis orange) mengalami breakout, index masih terus bergerak para STSTrader (garis abu-abu) yang sangat kuat. Namun demikian tetap waspada akan resistance yang ada di market, dan disiplin untuk protect your profit serta nantikan indikasi-indikasi signal oleh First Signal.

 

BIS-Kompass

“Cermatilah, kenali dan antisipasi-lah indikasi signal yang diberikan oleh market”

 

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)