Indonesia Market

Berhasilnya IHSG ditutup diatas resistance nya 3549 pada 12 October 2011, kembali membuat kesempatan bursa untuk terus menguat dengan mematahkan pola menurun jangka pendeknya.

Didukung oleh harapan akan keberhasilan Europa untuk berkonsolidasi dalam mengatasi krisis dan akan menghasilkan keputusan pada akhir October ini membuat market kembali bergairah dan member peluang kepada IHSG untuk menguji level resistance berikutnya pada 3754.

Walaupun First Signal / STS masih memberikan indikasi Red Area untuk IHSG namun sejak 11 October 2011 level Money Management Indikator pada First Signal report telah menunjukkan perubahan level menjadi 50%.

Tetap waspada mengingat kondisi ini masih dapat dibilang sementara mengingat solusi akan perekonomian gelobal belumlah solid. First Signal report memberikan 10 indikasi saham FG, 6 indikasi saham G/TU dan 0 indikasi saham FR.

First Signal / STS  masih memberikan indikasi red on IHSG market. Tetap waspada akan pergerakkan market yang membuat IHSG berpeluang untuk menguji level resistance 3754.

IHSG memiliki resistance pada 3754 dan support pada 3637.

US Market

Berhasilnya Index Dow Jones ditutup diatas resistance kanalnya pada 11509 di perdagangan minggu kemarin, membuat market menampakkan sedikit harapan untuk bergerak membentuk trend baru.

Sentimen ini tidak jauh berbeda dengan sentiment positif yang dialami oleh bursa-bursa global lainnya akan harapan pada solusi perekonomian di Europa.

Kesempatan ini akan memberikan Index Dow Jones untuk menguji level resistance berikutnya pada 11739.

First Signal / STS  memberikan indikasi green on Dow Jones market. Kondisi pergerakan sideway ini membuat market bergerak tidak menentu, namun pada 12 October 2011 Index kembali menunjukkan indikasi green area pada First Signal.

Index Dow Jones memiliki resistance pada 11739 dan support pada 11103.

SPDR GOLD

Pergerakkan positif yang terjadi pada bursa juga turut membawa komoditas emas / SPDR Gold berhasil keluar dari pergerakkan kanalnya dan ditutup diatas 161.09.

Namun pergerakan pada hari-hari kedepannya masih cenderung terbatas jika tidak ada sentiment baru yang kuat untuk pergerakkan harga komoditas.

First Signal / STS masih memberikan indikasi red on SPDR-Gold.

SPDR Gold  memiliki resistance pada 165.88 dan support pada 161.09.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

 

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)