Indonesia Market

Pada umumnya bursa belum mendapatkan informasi yang signifikan untuk dapat menentukan arah yang baru perdagangan, satu-satunya issue yang digunakan untuk aksi profit taking yang terjadi adalah dari segi inflasi yang terjadi, baik secara internal maupun kenaikan harga pangan global yang akan sangat mempengaruhi emerging market.

Namun besarnya arus dana asing yang ditarik keluar dari bursa turut memicu aksi investor lokal untuk merealisasikan keuntungan juga. Gain atas bullish wave yang terjadi menjelang penutupan tahun 2010, kembali diserap pasar bahkan mencapai support yang lebih rendah. Namun bagi anda yang memantau situasi dengan STS Trader tentu telah dapat membaca situasi dan mengamankan keuntungan tersebut dan menanti technical rebound berikutnya.

Seperti telah kita singgung pada newsletter minggu lalu untuk memantau wave berikutnya apakah membentuk bullish wave yang baru atau hanya technical rebound , maka penutupan hari ini 17 January 2010, kembali membuat IHSG dalam posisi sulit dengan terbentuknya lower resistance.

Cermati sinyal yang akan terjadi di pasar dan pantau posisi dan strategi anda dengan disiplin pada STS Trader maupun STS Investor.

IHSG saat ini memiliki trading resistance pada 3570 dan trading support pada 3455.

Note: Garis putus-putus hitam, menggambarkan support dan resistance yang terbentuk selama perdagangan minggu lalu. Garis putus-putus merah menggambarkan support terkini. Garis putus-putus biru menggambarkan resistance terkini.

US Market

US Market juga masih tidak memiliki sentiment signifikan yang bisa menggerakkan bursa dalam memebentuk trend. Dan para analyst pun mengamati aksi profit taking yang terjadi cenderung karena kekhawatiran tingginya harga pangan dunia yang akan mendorong tingginya angka inflasi di emerging market.

Inflasi yang tinggi ini dipercayai akan memicu bank sentral untuk menaikkan suku bunga dimana akan mempengaruhi saham-saham sektor perbankan , property dan sektor-sektor lain akan sangat di pengaruhi oleh pergerakkan suku bunga bank sentral.

Namun dari benua Eropa memberikan  sedikit kabar yang menggembirakan dengan menurunnya ketakutan akan hutang di Eropa dengan suksesnya lelang obligasi negara anggota zona ekonomi Eropa. Dan berita global lain yang akan berpengaruh datang dari China dengan pengumuman naiknya tingkat cadangan bank.

Index Dow Jones masih diwarnai pergerakkan yang sempit dan volume transaksi yang belum pulih, index menuju pembentukkan trading resistance yang baru setelah pada jumat kemarin berhasil di tutup diatas trading resistance 11756 dan memiliki trading support pada 11637.

Note: Garis putus-putus hitam, menggambarkan support dan resistance yang terbentuk           selama perdagangan minggu lalu. Garis putus-putus merah menggambarkan support terkini. Garis putus-putus biru menggambarkan resistance terkini.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)

Leave a Reply

Spam Protection by BisnisInvestasiSaham