Indonesia Market

IHSG berhasil bertahan pada level 3800 nya, namun resistance kuat pada area 3950 menghadang kelanjutan rally IHSG.

Hal ini juga dipengaruhi oleh sentiment global yang mulai melemah, serta kembali penurunan peringkat negara-negara eruopa termasuk France. Walaupun demikian IHSG berhasil bertahan pada area bullish nya.

Pantau dengan seksama pergerakan pasar terutama support dan resistance yang terbentuk pada perdagangan minggu ini, mengingat kondisi perekonomian europa masih menjadi sorotan.

Signal bullish sejak 03 January 2011 untuk IHSG masih bertahan namun belum mendapatkan setimen positif yang baru untuk bergerak kuat menembus resistancenya.

Saham-saham second dan third-liner akan mewarnai pergerakkan pasar diman investor cenderung berhati-hati pada saham unggulan.

Jangan lewatkan pantau First Signal Daily report untuk signal entry, hold/top-up maupun exit.

IHSG memiliki resistance pada 3975 dan support pada 3886.

US Market

US Market tutup pada perdagangan 16 January 2012, dalam rangka Martin Luther King, Jr. Day, dan buka kembali pada 17 January 2012.

Bullish yang terjadi pada Index Dow Jones terus berlanjut dan bertahan hingga akhir perdagangan minggu kemarin, bahkan bergerak membentuk strong bullish. Namun resistance kuat pada 12500 siap menghadang pergerakkan index lebih lanjut.

Selain itu penurunan rating negara-negara Europa, diantaranya France pada akhir minggu kemarin akan menjadi perhatian. Pelaku pasar masih menanti reaksi para investor besar akan penurunan peringkat tersebut.

Europa masih menjadi sumber sentiment dalam pergerakkan pasar di perdagangan minggu ini. Disamping itu musim EPS yang akan segera hadir turut mempengaruhi pergerakkan saham-saham unggulan pada pasar Amerika.

Pantau indikasi “First Signal” dailiy report guna menjaga posisi anda baik long maupun short, serta kita pantau bersama apakah level 12000 ini dapat dipertahankan atau bahkan menguji level selanjutnya.

First Signal / STS  memberikan indikasi green on Dow Jones market FG 05 December 2011.

BIS-Kompas : strong bullish pada 13 January 2012.

Index Dow Jones memiliki resistance pada 12499 dan support pada 12345.

 

SPDR GOLD

Pergerakkan komoditas Emas / Gold yang berhasil mengalami technical rebound belum mampu membawa trend perdagangannya ke area bullish. Walau sentiment strong bearish telah berubah menjadi bearish sejak 05 January 2012, pelaku pasar masih berhati-hati dalam bertransaksi. Hal ini terlihat dari masih belum kembalinya volume transaksi pada komditi ini.

Indikasi FR First Signal sejak 05 December 2012 masih terus berlanjut, secara keseluruhan Gold masih dalam tekanan. Waspada dalam mengambil posisi pada komoditas emas / Gold. Dan pantau support kuat untuk entry maupun menjaga posisi jangka pendek.

Tetap waspada dan pantau signal lanjutan dari First Signal, beberapa indikator telah memasuki area oversold.

SPDR Gold  memiliki resistance pada 162.07 dan support pada 158.47.

 

BIS-Kompass

“Cermatilah, Kenali dan Antisipasi-lah indikasi signal yang diberikan oleh market”

 

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)