Indonesia Market

IHSG mengawali kinerjanya pada minggu lalu dengan hasil yang baik setelah sinyal pergerakkan IHSG yang menunjukkan potensi keluar dari range sempit yang tercipta. Seperti telah kita bahas dalam newsletter beberapa minggu yang lalu, bahkan kembali mencetak posisi penutupan tertinggi sepanjang sejarah pada 10 November 2010 di 3756.97.

Namun market mulai dibayangi sentiment regional, pertemuan G20 dan juga IPO Krakatau Steel yang masih menyimpan pro dan kontra, dan mengalami koreksi yang dalam pada  12 November 2010.

Pergerakkan IHSG akan lebih banyak diwarnai sentimen global dan tentunya kondisi internal Indonesia sendiri. Terutama langkah-langkah kedepan yang akan di ambil oleh negara-negara maju dalam memperbaiki perekonomian global dan juga Europa dalam menanggulangi tanda-tanda krisi baru dari negara-negara anggotanya.

Pantau market dengan baik tentukan titik buy dan sell sesuai kriteria STS.

IHSG saat ini  memiliki support  pada kisaran 3.605 dan resistance pada 3.757.

Note: Garis putus-putus hitam, menggambarkan support dan resistance yang terbentuk selama perdagangan minggu lalu. Garis putus-putus merah menggambarkan support terkini. Garis putus-putus biru menggambarkan resistance terkini.

US Market

US market bergerak tertekan seiring dengan perkembangan perseteruan USA dangan China mengenai isue perang mata uang. Hal tersebut mewarnai pergerakkan bursa sepanjang minggu lalu, ditambah dengan tidak ada sentiment pasar yang dapat mendorong market untuk bergerak.

Volume perdagangan pun mengalami penurunan selama seminggu kemarin, pasar bergerak labil dan terbatas seakan menunggu sentiment baru untuk menentukan arah pergerakkan yang baru.

Perkembangan kondisi market, Company action/plan dan tentunya langkah-langkah baru yang akan diambil oleh otoritas berwenang untuk menggerakkan ekonomi dunia akan sangat menentukan pergerakkan market selanjutnya

Index Dow Jones bergerak terkoreksi dengan resistancenya pada 11435 dan  support pada 11185.

Note: Garis putus-putus hitam, menggambarkan support dan resistance yang terbentuk           selama perdagangan minggu lalu. Garis putus-putus merah menggambarkan support terkini. Garis putus-putus biru menggambarkan resistance terkini.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)

Leave a Reply

Spam Protection by BisnisInvestasiSaham