Indonesia Market

IHSG seperti kita ketahui tidak luput dari tekanan sentiment negative yang melanda bursa-bursa dunia. Walaupun demikian IHSG masih terlihat kuat dengan masih dapat bertahannya index kita ini pada longterm bullish trendnya. Hal ini diperkuat dengan berhasilnya support 3735 dalam merespon kepanikan pasar.

Dapat kita perhatikan walaupun Index mengalami aksi ambil untung yang sangat banyak pada perdagangan minggu lalu dan mengalami net sell oleh pemodal asing, namun jika dicermati aksi buy juga cukup baik, perbandingan sell dan buy masih sehat. Jika kita merujuk kepanikan pada 2008 perbandingan Sell dan Buy amatlah berbeda dengan saat ini.

Index berhasil rebound namun masih dalam awan fluktuasi, beberapa Saham yang masih dalam posisi hold berdasarkan STS / First Signal nampak mengalami penguatan yang cukup besar, seperti ASII, LPCK dan lain sebagainya.

Pantau terus posisi anda sesuai kriteria, dan cermati pasar dalam mengambil kesempatan untuk entry ataupun exit seiring perkembangan pasar.

STS/First Signal masih memberikan indikasi red on IHSG market, walau sedikit harapan telah tampak. Kita pantau terus apakah index kita ini dapat keluar dari awan fluktuasi yang ada dan kembali menenjukkan trend nya.

IHSG memiliki resistance pada 4193 dan support pada 3735.

US Market

Proses panjang, besarnya beban utang negara Amerika dan penurunan rating oleh S&P membuat hantaman bertubi-tubi pada pasar amerika. Dow Jones pun mengalami tekanan hebat, serta bayangan ancaman krisis dari benua Europa semakin membuat pasar tertekan.

Index Dow Jones sempat menyentuh level di bawah 10.000 yang memaksa index kembali pada level bulan October 2010,  namun pasar merespon balik pada hari-hari perdagangan berikutnya dengan technical rebound yang terjadi.

Index Dow Jones secara technical telah keluar dari longterm uptrendnya, mari kita pantau pergerakkan market kedepan seiring STS / First Signal kriteria dalam melihat signal lanjutan pasar Amerika ini, apakah akan mengalami bearish yang berkepanjangan  atau berhasil kembali membentuk uptrend barunya.

STS/First Signal memberikan indikasi red on Dow Jones market.

Index Dow Jones memiliki resistance pada 12720 dan support pada 10719.

SPDR GOLD

Signal Gold yang kita telah deteksi bersama sejak 11 July 2011 kembali mengalami euphoria dengan semakin tertekannya bursa dunia. Gold mencetak rekor tertinggi barunya dari hari ke hari.

Market Gold semakin terangkat sehingga harga kembali mengalami euphoria dan memasuki level irrasionalnya kembali. Waspada kembali lakukan Profit Protection yang ada seiring perkembangan pasar.

Ingat saat Market Gold mengalami aksi ambil untung dan melampaui level support kuatnya maka siklus periode fluktuatif harga akan kembali terjadi sesuai history yang selalu terulang.

Waspadai posisi anda dan pantau seiring kriteria STS / First Signal.

STS/First Signal masih memberikan indikasi green on SPDR-Gold.

SPDR Gold  memiliki resistance pada 174.58  dan support pada 157.32.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

 

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)