Indonesia Market

Happy Trading kembali untuk para STS Investor, seperti sudah kita deteksi bersama sinyal STS Investor tentunya sudah cukup banyak kandidat yang bermunculan. Untuk para STS Trader, boleh memantau pergerakkan lebih lanjut bagi saham-saham berpotensial, dengan mulai bermunculannya sinyal STS Investor, maka tidak menutup kemungkinan posisi STS Trader anda akan lebih lama dari minggu-minggu sebelumnya.

IHSG telah berhasil melanjutkan membentuk pola Higher Resistance and Higher Support, seperti sudah terlihat dari beberapa minggu yang lalu market  telah mulai memasuki kembali pola bullish jangka pendek ini.

Musibah yang menimpa Jepang pada akhir perdagangan minggu kemarin sempat membuat khawatir para pelaku pasar, namun sepertinya pada awal perdagangan minggu ini hal tersebut masih ditanggapi beragam, disamping kekhawatiran para analyst akan dampak sebenarnya yang mungkin saja menerpa sektor perbankan terlebih dahulu, hal ini akan kembali menyulitkan Jepang untuk recovery dari krisi global yang ada, jika hal ini terjadi maka dikhawatirkan akan mempengaruhi iklim ekonomi global kembali, mengingat Jepang adalah salah satu kekuatan ekonomi dunia.

Perdagangan hari ini pun banyak diwarnai dengan pembelian saham-saham di sektor tambang, mengingat, jepang merupakan salah satu tujuan ekspor perusahaan tambang di Indonesia, walaupun demikian hal ini hanya seperti tenaga tambahan untuk sektor pertambangan ini mengingat STS kita telah memberikan sinyal buy untuk sektor ini sejak beberapa minggu yang lalu.

Kita pantau kedepan untuk pergerakkan market lebih lanjut, tetap disiplin pada system, karena market akan selalu bergerak dynamis, setiap saat sinyal baru akan muncul untuk menuntun kita menentukan posisi kita lebih lanjut.

IHSG saat ini memiliki trading resistance pada 3599dan support pada 3513.

US Market

Bursa Amerika masih dalam pergerakan range yang menyempit, belum menunjukkan arah pergerakkan pasar yang jelas untuk kedepannya. Walaupun indeks Dow Jones sempat di tutup dibawah level psychologis 12000, kita wajib waspada.

Berita-berita yang muncul pun dari internal Amerika masih silih berganti antara positif dan negatif, sehingga tidak menjadi motor penggerak pasar. Walaupun demikian kita masih menantikan reaksi pasar di Amerika atas kejadian yang menimpa Jepang, walaupun pada penutupan Jumat Dow Jones berhasil ditutup positif.

Para pelaku pasar masih menantikan berita-berita baru yang dapat menggerakan bursa Amerika lebih lanjut. Mengingat pasar tetap dikhawatirkan akan harga minyak dunia dan dampak sesungguhnya akan bencana alam di Jepang.

Para STS Investor mulailah pantau posisi anda lebih ketat, dan STS Trader cermati arah pergerakkan pasar secara jangka pendek .

Index Dow Jones memiliki trading resistance pada 12259 dan support pada 11984.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)