Indonesia Market

Seperti kita analisa bersama berdasarkan STS dan First Signal system, resistance kuat yang terbentuk pada area 4028-4038 masih belum dapat di tembus oleh IHSG pada perdagangan minggu kemarin. Hal ini membuat IHSG kembali berpeluang untuk menguji level supportnya pada area 3910.

Sentimen negatif dari benua europa kembali membuat bursa bergerak terkoreksi dan cenderung bearish. IHSG pun menunjukkan sinyal bearishnya pada 10 February 2012, hal ini membuat para pelaku pasar semakin berhati-hati.

Namun pada penutupan perdagangan dihari pertama minggu ini, IHSG kembali berhasil bertahan diatas support area 3910. Tetap waspada pada posisi yang ada dan disiplin dengan support dan resistance yang terbentuk berdasarkan STS system dan indikasi signal First Signal.

IHSG memiliki resistance pada 3992 dan support pada 3910.

US Market

Index Dow Jones pun tidak jauh berbeda dengan bursa global lainnya mengalami hadangan kuat resistance yang terbentuk di pasar. Index belum berhasil untuk menembus resistance pada area 12928, dimana resistanye ini pun telah di uji pada May 2011 dan Dow Jones harus mengalami koreksi yang cukup dalam seiring trend yang terbentuk dipasar. Hingga saat ini index Dow Jones masih mampu mempertahankan FG yang telah terbentuk sejak 05 December 2011.

Saat ini patut untuk diwaspadai secara cermat support dan resistance masing-masing kandidat secara individual seiring STS system dan indikasi First Signal. Proteksi posisi anda dan dispilin pada system untuk menjaga portofolio yang ada maupun kandidat yang memberikan indikasi signal.

Sentimen Europa masih akan menjadi perhatian, disamping para investor terus menanti proses yang terjadi pada ekonomi amerika melalui data-data ekonomi yang akan dirilis.

Index Dow Jones memiliki resistance pada 12928 dan support pada 12712.

SPDR GOLD

Komoditas emas, berdasarkan pergerakkan index SPDR-Gold, pun turut mengalami hadangan resistance kuatnya yang terbentuk di pasar pada area 170.

Hal ini membuat para investor cenderung melakukan aksi ambil untung,pada akhir perdagangan minggu kemarin. Namun support area 165 dan FG yang terbentuk pada 18 January 2012 masih mampu bertahan.

Nantikan indikasi lanjutan pada “First Signal” daily report dan disiplin pada STS system untuk menjaga posisi anda sesuai support dan resistance dimana support dan resistance baru kembali terbentuk di pasar.

SPDR Gold  memiliki resistance pada 170.37 dan support pada 165.88

BIS-Kompass

“Cermatilah, Kenali dan Antisipasi-lah indikasi signal yang diberikan oleh market”

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)