Indonesia Market

Setelah IHSG mengalami koreksi seperti yang sudah kita tangkap tanda-tandanya beberapa minggu sebelumnya seiring dengan support yang telah tertembus, baru pada tanggal 01 December 2010 IHSG dapat kembali menunjukkan sinyal teknikal rebound.

Koreksi yang dialami adalah wajar, koreksi tersebut tidak mematahkan sinyal makro IHSG yang bullish. Bahkan teknikal rebound yang kita alami berhasil membawa IHSG menyentuh rekor baru tertinggi selama sejarah pada 3786.1 pada tanggal 09 December 2010.

Penguatan yang berturutan mulai diwarnai aksi profit taking pada 10 December 2010, dan berlanjut pada hari ini.

Trend IHSG masih berlanjut, disiplin pada strategi STS dan perhatikan Support serta resistance yang terjadi dipasar, untuk para trader dapat memantau STS support dan resistance untuk trading yang terupdate daily pada Bisnis Investasi Saham page di Facebook.

Situasi Market regional maupun global masih akan turut menghembuskan trend jangka pendek. Kenali sinyal dalam pasar sedini mungkin untuk menentukan posisi anda dengan Simple Trading System.

IHSG saat ini  memiliki support  pada kisaran 3.531 dan resistance pada 3.787.

Note: Garis putus-putus hitam, menggambarkan support dan resistance yang terbentuk selama perdagangan minggu lalu. Garis putus-putus merah menggambarkan support terkini. Garis putus-putus biru menggambarkan resistance terkini.

US Market

US market tidak jauh berbeda dengan kondisi index dunia dan IHSG. Saat koreksi berhasil di support secara technical dan market kembali mengalami technical rebound, walaupun tidak menciptakan rekor sebaik IHSG. Serta terlihat pada minggu lalu Investor lebih memilih wait and see untuk perkembangan situasi internal amerika lebih jauh.

Secara technical dapat terlihat keraguan pasar yang terjadi dengan semakin menyempitnya range pergerakkan beberapa hari dan bahkan membentuk kanal kembali.

Kondisi ini sangat di pengaruhi kondisi internal Amerika, dengan kenaikan harga bahan bakar seiring kebutuhan akhir tahun yang meningkat, dan harapan penjualan yang bagus dalam rangka natal dan tahun baru. Hal ini masih sangat bergantung kepada pemulihan pendapatan warga amerika saat ini yang masih belum pulih secara baik.

Index Dow Jones dengan support pada 11346 dan  resistancenya pada 11444.

Note: Garis putus-putus hitam, menggambarkan support dan resistance yang terbentuk           selama perdagangan minggu lalu. Garis putus-putus merah menggambarkan support terkini. Garis putus-putus biru menggambarkan resistance terkini.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)

Leave a Reply

Spam Protection by BisnisInvestasiSaham