Indonesia Market

Walau secara umum pemulihan ekonomi dunia masih dalam kekhawatiran, namun hembusan persetujuan bantuan untuk Yunani dapat memberikan angin segar. IHSG berhasil membentuk all time high diatas level psychologisnya pada 08 July 2011 di 4003,69.

Hal ini seiring indikasi signal oleh First Signal yang telah mendeteksi pergerakkan Index BEI ini kembali ke area hijau pada 28 June 2011, seperti pembahasan pada newsletter minggu lalu.

Secara keseluruhan market masih bergerak optimis walau aksi ambil untung tentunya akan mewarnai perdagangan mengingat beberapa saham sudah naik signifikan sejak 28 June 2011. Para trader dan sebagian mid-term investor tentunya akan mulai merealisasikan keuntungan tersebut.

Selektif buying akan mewarnai perdagangan minggu ini, pantau kandidat sesuai kriteria STS atau indikasi pergerakkan oleh First Signal. Trader pantau swing yang terjadi dan investor menjaga posisi yang tentunya sudah kita deteksi bersama untuk entry sejak market menunjukkan area hijau kembali.

IHSG saat memiliki resistance pada 4003,69 dan memiliki support pada 3908.

US Market

Berita baik dari benua Europa juga turut memberi angin segar pada index Dow Jones, namun laporan pengangguran yang mengecewakan kembali membuat pergerakkan bursa tertahan pada akhir perdagangan minggu kemarin.

Walaupun demikian index berhasil bertengger diatas level 12000 selama perdagangan minggu kemarin dan mengarah pada 3 month high nya.

Selain kondisi angka pengangguran yang mengecewakan, investor pada umumnya masih menunggu keputusan pasti akan pagu utang Amerika , hal ini akan sangat mempengaruhi pergerakkan market kedepannya.

Pantau terus posisi anda sesuai kriteria masing-masing, baik Trader maupun Investor. Aksi ambil untung tentunya juga akan mewarnai perdagangan mengingat beberapa saham telah mengalami kenaikan yang signifikan. Disiplin pada kriteria STS dan Indikasi First Signal.

Index Dow Jones memiliki resistance pada 12720 dan support pada 11934

SPDR GOLD

GLD kembali bergerak fluktuatif dalam range yang lebar seperti sudah kita bahas pada newsletter minggu lalu. Komoditas emas masih menjadi alternative pilihan investasi dalam menyeimbangkan protofolio.

Walaupun demikian Rally panjang yang terpatahkan belum menunjukkan perkembangan trend yang baru. Indikasi akan berakhirnya masa-masa fluktuatif sudah mulai nampak walaupun belum menunjukkan kembali area hijaunya.

Pantau signal baru pada komoditas emas seiring indikasi  yang terdeteksi berdasarkan STS.

SPDR Gold  dalam pembentukan resistance yang baru dan support pada 144.76.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

 

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)