Indonesia Market

First Signal

FR untuk IHSG terdeteksi pada 04 September 2012.

STS

Current resistance 4162 and support 4005

Trend

Ditengah kondisi pasar yang cenderung sepi news untuk menggerakkan pasar, IHSG mengikuti pergerakkan bursa dunia lainnya menunggu keputusan atau tindak lanjut ECB untuk kondisi Europe maupun the Fed untuk pasar amerika. Namun ditengah koreksi yang terjadi pada perdagangan minggu kemarin support kuat IHSG pada 4005 mampu menopang laju pergerakkan koreksi dan membentuk technical rebound pada market. Hal ini berlanjut hingga penutupan hari ini dimana market ditutup sedikit diatas trendline jangka panjang STSInvestor (garis orange), memberikan sedikit harapan namun perlu di waspadai mengingat trendline jangka pendek STSTrader (garis abu-abu) masih membentuk range yang melebar. Kondisi ini masih membuat IHSG berada dalam area waspada.  Tetap disiplin dan pantau terus daily indikasi First Signal.

 

US Market

First Signal

FR untuk Dow Jones terdeteksi pada 30 August 2012.

STS

Current resistance 13307 and support 13000

Trend

Seiring dengan bursa-bursa lainnya index Dow Jones juga mengalami technical rebound pada akhir perdagangan minggu kemarin dengan berhasilnya trendline jangka pendek STSTrader (garis abu-abu) menopang laju koreksi yang terjadi. Walaupun demikian hingga penutupan perdagangan pada 07 September 2012, index masih belum mampu melewati resistance 13307.

Trendline jangka panjang STSInvestor (garis orange) pun masih menunjukkan range yang melebar dengan kecenderungan menurun. Tetap waspada akan perkembangan trend yang terjadi, atau mampukan index Dow Jones menembus dam membentuk trendline jangka panjang STSInvestor yang baru. Beberapa saham pantauan seperti MSFT yang sudah kita pantau bersama melalui aksi beli beberapa korporasi berhasil mengalami breakout. Demikian juga beberapa saham lainnya, pantau aksi insider baik individual maupun korporasi pada saham-saham yang mengalami indikasi break trendline jangka panjangnya.

Tetap waspada akan volatilitas yang masih mewarnai sentiment pasar dunia dan cermati indikasi-indikasi signal yang terdeteksi oleh First Signal, baik entry, hold maupun exit.

 

DAX Market

First Signal

FG untuk DAX terdeteksi pada 07 September 2012.

STS

Current resistance 7256  and support 7089

Trend

Aksi pelaku pasar setelah melihat rencana ECB cukup membuat market DAX kembali bergairah, hal ini terlihat dari diahirinya zona merah dan kembalinza index DAX pada zona hijau FR yang terdeteksi pada 07 September 2012. Index bergerak dalam range trendline jangka pendeknya STSTrader (garis abu-abu) walaupun menunjukkan range yang melebar namun memberikan tendensi yang menanjak. Hal ini masih menanti dukungan trendline jangka panjang STSInvestor (garis orange) yang masih membentuk trend melebar pada kedua arahnya. Resistance kuat pada 7089 berhasil ditembus, namun kondisi ekonomi global yang masih menunjukkan perlambatan masih akan menjadi perhatian. Tetap waspada akan posisi yang ada dan cermati indikasi-indikasi trend yang baru yang akan kita analisa bersama.

 

SPDR GOLD

First Signal

FG untuk SPDR-Gold terdeteksi pada 25 July 2012.

STS

Current resistance 171.05 and support 166.33

Trend

Indikasi kembalinya komoditas emas untuk mengalami pergerakkan uptrend yang cukup signifikan telah kita pantau bersama sejak Newsletter pada 30 July 2012, dimana index emas berhasil melakukan breakout pada trendline jangka panjangnya STSInvestor (garis orange). Congratulations bagi para trader / investor yang memanfaatkan indikasi entry tersebut, dan jangan lupa untuk melakukan profit protection akan gain yang terlah didapat and let it flow.

Index SPDR-Gold kembali mengalami breakout pada akhir perdagangan minggu kemarin, namun kali ini pada trendline jangka pendeknya STSTrader (garis abu-abu) yang telah menampakkan strong uptrend sejak awal perdagangan minggu lalu. Sekali lagi tetap waspada dan protect your profit serta nantikan indikasi-indikasi signal oleh First Signal.

 

BIS-Kompass

“Cermatilah, kenali dan antisipasi-lah indikasi signal yang diberikan oleh market”

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)