Indonesia Market

Pergerakkan kanal yang sudah kita bahas pada situasi market minggu lalu kembali membentuk wave koreksi yang di mulai pada tanggal 06 January 2011, saat dimana IHSG tidak berhasil membentuk penutupan yang lebih tinggi dari resistance 3786 sebagai all time high IHSG.

Koreksi kali ini sudah terlihat akan menjadi koreksi yang besar dengan besarnya dana asing yang keluar ditambah sinyal-sinyal penurunan beberapa indicator, dimana juga sudah kita singgung untuk sangat waspada terutama posisi Investor. Trader masih memungkinkan mendapatkan sinyal posisi baru berdasarkan STS trader memanfaatkan pola-pola technical rebound yang terjadi, namun sangat di anjurkan untuk pemantauan yang lebih intensif dan disiplin akan informasi sinyal jual.

Hari ini IHSG kembali bergerak secara negatif dengan melampaui strong supportnya pada 3611. Waspada mengantisipasi wave berikutnya sebagai bullish wave atau hanya sekedar technikal rebound.

IHSG saat ini  menjajaki proses pembentukkan support baru dengan support 2 pada 3337 dan resistance pada 3784.

Note: Garis putus-putus hitam, menggambarkan support dan resistance yang terbentuk selama perdagangan minggu lalu. Garis putus-putus merah menggambarkan support terkini. Garis putus-putus biru menggambarkan resistance terkini.

US Market

Index Dow Jones pun tak luput dari baying-bayang profit taking para investor, setelah mengalami kenaikkan yang panjang hampir selama bulan desember, walaupun mengalami penurunan jumlah transaksi.

Secara technical wave koreksi akan segera hadir, namun kita wajib waspada akan  pembentukkan trend yang akan terjadi, apakah trend akan terus berlanjut atau malah dipatahkan.

Data-data internal amerika yang masih dibawah ekspektasi pasar masih terus membayangi arah pergerakkan bursa kedepan, seperti data pertumbuhan pekerjaan yag masih dibawah harapan, serta angka pengangguran yang belum mengalami penurunan.

Minggu ini pasar kembali akan disuguhkan data-data baru perkembangan internal ekonomi di amerika seperti PPI, Unemployment claims, Core CPI, retail Sales dan lain sebagainya.

Index Dow Jones memiliki support pada 11569 dan  resistancenya pada 11723.

Note: Garis putus-putus hitam, menggambarkan support dan resistance yang terbentuk           selama perdagangan minggu lalu. Garis putus-putus merah menggambarkan support terkini. Garis putus-putus biru menggambarkan resistance terkini.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)

Leave a Reply

Spam Protection by BisnisInvestasiSaham