Indonesia Market

Kondisi market yang overbought kembali menghambat laju IHSG, investor bergerak sangat berhati-hati. Tidak adanya sentiment baru dipasar turut membuat pergerakan bursa dalam range yang relative tidak terlalu besar.

Tekanan yang ada di pasar kembali memaksa IHSG bergerak semakin mendekati support terdekatnya pada 3774. Beberapa saham unggulan pun hanya mampu bergerak terbatas, perdagangan minggu kemarin masih banyak di warnai oleh pergerakkan saham-saham lapis ke dua dan ketiga, hal ini menandakan market masih dalam masa penentuan atau konsolidasi. Sektor Banking yang mampu menggerakan pasar dalam perdagangan minggu kemarin sepertinya mulai mengalami pelemahan.

Pantau lebih ketat posisi anda baik STS Investor maupun Trader, terutama posisi yang telah mendekati support.

IHSG saat ini memiliki trading resistance pada 3849 dan trading support pada 3774.

US Market

Tidak jauh berbeda dengan pasar Asia, kondisi bursa Amerika yang sudah dalam kondisi overbought memaksa bursa untuk mengalami koreksi pada perdagangan minggu kemarin.

Namun beberapa Saham masih mengalami pergerakan uptrend mengingat masih ada aksi korporasi yang akan mempengaruhi pergerakan saham-saham perusahaan tersebut. Disamping itu saham-saham technologi masih masuk dalam pergerakan positif.

Secara umum para pakar financial dunia masih mengkhawatirkan kondisi keungan Negara-negara europa terutama Yunani. Hal ini masih menjadi ganjalan utama untuk kembali pulihnya ekonomi dunia, selain kondisi timur tengah yang masih akan mempengaruhi harga minyak mentah dunia.

Index Dow Jones memiliki trading resistance pada 12807dan trading support pada 12479.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan ”

 

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)