Indonesia Market

First Signal

FG untuk IHSG terdeteksi pada 09 March 2012.

STS

Current resistance 4222 and support 4099

Trend

Ditengah pergerakkan index dunia yang menampakkan signal koreksi, IHSG masih mampu mempertahankan area hijaunya. IHSG masih bertahan pada jalur uptrendnya dan tertahan oleh support 4099. Beberapa indicator telah menampakkan kondisi overbought, namun FR masih belum terdeteksi oleh “First Signal” system. Tetap waspada akan anomali yang dialami oleh IHSG dan pantau rekomendasi indikasi signal “First Signal” selanjutnya. IHSG masih kita nantikan untuk membentuk trend line barunya setelah upper trend line berhasil ditembusnya pada 13 March 2012.

 

US Market

First Signal

FR untuk Dow Jones terdeteksi pada 04 April 2012.

STS

Current resistance 13297 and support 12993

Trend

Ketidak berhasilnya Index Dow Jones untuk membentuk pola higher high pada perdagangan minggu kemarin memicu koreksi pada akhir perdagangan pekan lalu. Hal ini tampak pada terdeteksinya FR pada 04 April 2012. Signal rally panjang index sejak 02 December 2011 di area hijaunya berakhir pada terdeteksinya FR. Lower trend line pun telah tertembus  pada pertengahan perdagangan pekan lalu, hal ini memberikan signal untuk lebih berhati-hati dalam menjaga posisi yang ada dan mendeteksi posisi baru.

Index masih bergerak dalam kanalnya dengan pengawalan support dan resistance dalam memasuki area merahnya.

 

DAX Market

First Signal

FR untuk DAX terdeteksi pada 29 March 2012.

STS

Current resistance 6911 and support 6703

Trend

Index DAX masih terus mengalami koreksi hingga penutupan perdagangan minggu lalu sejak terdeteksinya FR pada 29 March 2012. Walau Index sempat mengalami rebound namun pergerakkan nya terhadang oleh upper trend line yang terbentuk. Demikian pula pada akhir perdagangan kemarin koreksi yang terjadi mampu ditahan oleh lower trend line, sertah support 6703. Tetap waspada akan indikasi signal yang diberikan market, dimana pola downtrend yang terbentuk masih berlanjut hingga penutupan perdagangan pada 05 April 2012.

 

SPDR GOLD

First Signal

FR untuk SPDR-Gold terdeteksi pada 29 February 2012.

STS

Current resistance 160.52 and support 156.80

Trend

SPDR Gold / index emas kembali menembus lower trend line nya dan membentuk pola lower low setelah gagal menembus upper trend line yang terbentuk pada 02 April 2012, namun sempat tertahan pada support 156.80. Volume yang menurun dalam perdagangannya belum menampakkan indkasi baru untuk pembalikan arah. Tetap waspada akan signal-signal trend lanjutan yang akan di berikan oleh pasar.

 

BIS-Kompass

“Cermatilah, kenali dan antisipasi-lah indikasi signal yang diberikan oleh market”

 

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)