Indonesia Market

Market diwarnai pergerakkan yang terbatas, semua masih terfokus pada kelanjutan dan langkah-langkah yang akan diambil di benua europa guna mengatasi krisis. Hal ini tercermin dengan bergerak terbatasnya index-index dunia termasuk IHSG.

Dalam perdagangan minggu kemarin tampak IHSG membentuk support dan resistance barunya yang menyempit, hal ini wajib kita waspadai dalam mengantisipasi pergerakkan market kedepannya.

Beberapa emiten di Bursa masih menunjukkan penguatan, namun cukup banyak yg bergerak sideway.

Indikator Money Management masih pada level yang sama.

First Signal / STS  memberikan indikasi green on IHSG market FG 19 October 2011.

IHSG memiliki resistance pada 3800 dan support pada 3704.

US Market

Laporan Earning Season di Wallstreet, sedikit banyak berhasil menggerakkan pasar, namun secara keseluruhan bursa masih diliputi kekhawatiran akan proses yang terjadi di Europa. Hal ini yang menyebabkan index Dow Jones pun masih bergerak terbatas.

Namun dalam pergerakkan Index terlah berhasil bertengger pada level psychologisnya di 12000 beberapa kali walau sempat mengalami koreksi kebawah akibat aksi ambil untung dan kekhawatiran global akan benua Europa dan pelambatan ekonomi dunia.

Indikasi signal FG yang lebih awal terindikasi oleg “First Signal” pada 12 October 2011, berhasil menggerakkan index Dow Jones untuk bergerak uptrend secara jangka pendek dan kembali bertengger pada level 12000.

First Signal / STS  memberikan indikasi green on Dow Jones market. Pantau posisi anda mengingat kondisi market yang masih sangat volatile.

Index Dow Jones memiliki resistance pada 12093 dan support pada 11957.

SPDR GOLD

Emas yang telah mengalami penguatan setelah menembus resistance kuat kanalnya kembali bergairah, koreksi yang terjadi pada perdagangan minggu kemarin memberikan kesempatan bagi para investor yang terlambat mengantisipasi atau pun menambah posisinya. Untuk sementara ini komoditas emas masih berpeluang untuk menguji level-level resistance berikutnya.

Walaupun demikian tetap waspada akan posisi anda mengingat market masihlah sangat volatile.

First Signal / STS masih memberikan indikasi green on SPDR-Gold.

SPDR Gold  memiliki resistance pada 176.33 dan support pada 170.32.

 

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

 

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)