Indonesia Market

Koreksi yang terjadi pada IHSG di perdagangan minggu lalu masih dapat tertahan oleh support kuat IHSG pada 3910, namun dalam pergerakkannya secara technikal IHSG kembali tertahan pada resistance nya di area 4028-4038. Hal ini dapat membuat pergerakkan index cenderung membentuk kanal.

Pelaku pasar cenderung wait and see dimana trader jangka pendek cenderung melakukan profit taking. Sentimen positif tentunya akan membantu membawa IHSG kembali untuk mencoba menembus resistancenya, namun sentiment negative pun masih dapat menjadi pemicu koreksi lanjutan, terutama akan perkembangan situasi krisis Europa yang masih akan menjadi perhatian.

Secara Technikal indikasi IHSG berdasarkan “First Signal” masih dalam area hijau dimana support yang terbentuk dipasar masih menopang pergerakkan di area positif, namun masih tertahan oleh resistancenya yang telah dua kali di coba.

Nantikan indikasi lanjutan pada “First Signal” daily report dan disiplin pada STS system untuk menjaga posisi anda sesuai support dan resistance yang terbentuk di pasar.

IHSG memiliki resistance pada 4038 dan support pada 3967.

US Market

Musim EPS masih akan menjadi penggerak utama bursa Amerika, dimana laporan perusahaan banyak yang bergerak positif. Secara Technikal support kuat pada 12794 berhasil dilampaui, namun koreksi jangka pendek bias terjadi mengingat beberapa indikator telah berada pada area overbought, dan dengan demikian akan menguji level support 12611.

Pergerakkan bursa masih tetap akan diwarnai perkembangan krisis Europa sebagaimana bursa global lainnya, Sentimen baru dapat muncul seiring langkah –langkah baru yang mungkin diambil para pemimpin Europa.

Secara Technikal Index Dow Jones masih membentuk pola Higher high and higher low, hal ini masih mengindikasikan pergerakkan masih dalam zona hijau nya.

Nantikan indikasi lanjutan pada “First Signal” daily report dan disiplin pada STS system untuk menjaga posisi anda sesuai support dan resistance yang terbentuk di pasar.

Index Dow Jones memiliki resistance pada 12928 dan support pada 12611.

SPDR GOLD

Pergerakkan komoditas emas / Gold yang berhasil memasuki area bullishnya sebagaimana terdeteksinya FG pada 18 January 2012, kembali terhadang oleh resistance kuatnya pada area 171.23. Hal ini membuat pergerakkan signal strong bullish on gold kembali terhadang.

Nantikan indikasi lanjutan pada “First Signal” daily report dan disiplin pada STS system untuk menjaga posisi anda sesuai support dan resistance dimana support dan resistance baru kembali terbentuk di pasar.

SPDR Gold  memiliki resistance pada 171.23 dan support pada 167.41

BIS-Kompass

“Cermatil, Kenali dan Antisipasi-lah indikasi signal yang diberikan oleh market”

 

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)