Indonesia Market

Market masih dalam keraguan. Walau support 3624 yang terbentuk mampu mempertahankan laju koreksi yang terjadi namun saat ini IHSG kembali dilanda keraguan para investor dalam menyikapi langkah-langkah lanjutan krisis Europa. Dimana IHSG tertahan pada resistance 3792.

Pergerakkan market masih akan terbatas selama, investor masih meragukan kelangsungan lanjutan pemulihan ekonomi global. Perdagangan akan masih diwarnai oleh pergerakkan saham-saham second and third-liner yang bergerak secara signifikan. Walaupun demikian dalam perdagangan mulai menampakkan pembelian saham-saham unggulan secara selektif, walau belum dalam jumlah yang besar. Volume perdagangan telah kembali menunjukkan kenaikkan pada akhir perdagangan minggu kemarin walau belum solid.

Cermati indikasi First Signal, terutama untuk saham-saham second and third- liner seperti kita deteksi bersama pada perdagangan minggu lalu untuk IDKM, BHIT, KKGI, MDRN, MNCN dan lain sebagainya, baik posisi FG maupun G/TU.

Market akan bergantung terhadap langkah-langkah lanjutan dalam menanggulangi krisis Europa terutama hasil-hasil pertemuan yang akan diadakan pada minggu ini dalam menentukan trend lanjutan yang akan dibentuk oleh pasar.

Cermati dengan seksama indikasi signal yang ada dalam “First Signal” daily report untuk menentukan dan menjaga posisi, terutama dalam menentukan entry, top-up/trade maupun exit strategy sesuai support yang ada.

First Signal / STS  memberikan indikasi red on IHSG market FR 23 November 2011.

IHSG memiliki resistance pada 3792 dan support pada 3715.

US Market

Tidak jauh berbeda dengan market Indonesia, index Dow Jones pun mendapat pertahanan dari supportnya yang terbentuk pada 11228 sebagaimana kita analisa pada newsletter minggu yang lalu.

Dan Technical Rebound yang terjadi pun turut tertahan pada resistancenya di 12122. Dimana keraguan Investor kembali menunggu langkah lanjutan pimpinan europa dalam mengatasi krisis yang ada. Hal ini kembali membuat rally pendek yang terjadi kembali mengalami pelemahan. Penguatan jangka pendek yang terjadi juga didukung oleh beberapa data ekonomi internal amerika yang membaik, walau masih banyak para ahli yang meragukan kelangsungan data tersebut.

Tetap waspadai pergerakkan index dan selektif pada kandidat kandidat yang memberikan indikasi signal pada First Signal dan membentuk trend pergerakkan yang lebih jelas.

Pantau indikasi “First Signal” dailiy report guna menjaga posisi anda baik long maupun short.

First Signal / STS  memberikan indikasi red on Dow Jones market FR 21 November 2011.

Index Dow Jones memiliki resistance pada 12122 dan support pada 11795.

SPDR GOLD

Pergerakkan bursa saham yang masih dipenuhi keraguan belum mampu membantu komoditas emas untuk membentuk trend barunya setelah mengalami koreksi pada perdagangan minggu kemarin.

Gold masih berada pada persimpangan arah pergerakkan barunya, apakah akan kembali menjadi bullish atau kembali membentuk pola bearish.

Support yang terbentuk kembali berhasil menahan laju koreksinya, namun resistance yang tidak berhasil ditembus pada perdagangan minggu kemarin berpeluang untuk menahan pergerakkan emas yang cenderung membentuk lower high.

Cermati pergerakkan perdagangan emas kedepan seiring indikasi First Signal, apakah resistance yang terbentuk berhasil dilampaui atau sebaliknya.

STS/First Signal masih memberikan indikasi green on SPDR-Gold FG 25 October 2011.

SPDR Gold  memiliki resistance pada 170.32 dan support pada 168.69.

“Cermatilah, Kenali dan Antisipasi-lah indikasi signal yang diberikan oleh market”

 

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)