Indonesia Market

Hembusan angin segar mewarnai bursa global dengan berhasilnya pemerintah yunani  memperoleh dukungan dari parlemen untuk menggolkan programm penghematan yang dimana menjadi Kriteria utama dalam pencairan dana talangan ke-2 bagi Yunani.

Bursa bergerak positif, demikian dengan IHSG kitapun mendapatkan kembali green area (FG) pada 28 June 2011. Hal ini kembali membuat saham-unggulan mengalami pergerakkan. Namun jika kita perhatikan pergerakkan sebagian besar saham pilihan cenderung terbatas, penggerak utama pada pergerakkan ini adalah ASII.

Investor mengalami euphoria jangka pendek dan masih menanti perkembangan pasar kedepan mengingat data perekonomian China mengalami perlambatan ekonomi, dimana China telah menjadi motor ekonomi dunia.

Mari kita pantau terus kelanjutan rebound pada market ini sesuai kriteria STS / First Signal apakah green area (FG) pada 28 June 2011 ini akan berlanjut. Dan manfaatkan koreksi jangka pendek yang sehat.

IHSG saat ini dalam proses membentuk resistance yang baru dan memiliki trading support pada 3721.

 

US Market

Hembusan angin segar dari Eropa ini pun turut membuat index Dow Jones kembali bergairah dan bertengger diatas level psychologisnya 12000.

Support pada 11897 pun berhasil menahan laju koreksi index sebanyak dua kali dan pada 28 June 2011 kita kembali mendapatkan green area (FG) pada Dow Jones.

Namun tetap selektif dan waspada mengingat perlambatan data ekonomi China dan pagu Utang Amerika sendiri.

Pantau terus pergerakkan pasar seiring trend yang terjadi sesuai pergerakkan mayoritas pelaku pasar. STS / First Signal akan terus mengupdate sinyal pasar berikutnya apakah Green area 28 June 2011 ini dapat bertahan, ataukah sinyal baru yang kita deteksi.

Index Dow Jones dalam proses membentuk trading resistance yang baru dan trading support pada 11934

SPDR GOLD

Seiring dengan pergerakkan harga GLD yang berada dalam kondisi fluktuatif akibat rally irrasional yang terjadi beberapa waktu yang lalu membuat pergerakkan emas terkesan liar, namun jika kita perhatikan secara makro 2-3 bulan kebelakang pergerakkan harga berada dalam range kanal yang cukup besar.

Trend rally panjang yang terpatahkan ditambah pergerakkan bursa saham yang kembali bergairah membuat pergerakkan komoditas emas ini berada dalam tekanan.

Bagi yang memanfaatkan short on GLD harap pantau support kuat dan pantau sinyal STS / First Signal kedepannya untuk perkembangan red area (FR) yang terjadi sejak 23 June 2011.

SPDR Gold  memiliki trading resistance pada 147.18 dan dalam perjalanan membentuk support baru.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

 

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)