Indonesia Market

First Signal

FG untuk IHSG terdeteksi pada 26 June 2012.

STS

Current resistance 4162 and support 3992

Trend

Kondisi IHSG berada dalam area waspada. Walau FG masih bertahan dengan belum terdeteksinya indikasi signal FR namun pergerakkan IHSG telah terkonfirmasi meninggalkan trendline jangka pendeknya STSTrader (garis abu-abu). Trendline jangka panjang pun STSInvestor membentuk zona range yang menurun. Indikasi-indikasi ini tentunya akan tercermin juga pada pergerakkan saham secara individual. Waspada akan posisi yang ada dan disiplin pada STS strategy.

Hal ini tidak terlepas dari pengaruh sentiment index global yang diwarnai keraguan. Tetap waspada dan pantau terus daily indikasi First Signal, jangan lewatkan kesempatan yang ada dan hindari saham-saham dalam zona FR.

 

US Market

First Signal

FR untuk Dow Jones terdeteksi pada 30 August 2012.

STS

Current resistance 13279 and support 12943

Trend

Tekanan yang diwarnai oleh kondisi yang tidak menentu membuat Index Dow Jones tidak luput dari aksi ambil untuk. Pergerakkan uptrend yang terus melemah terlihat dari keluarnya pergerakkan index Dow Jones dari Trendline jangka pendeknya STSTrader (garis abu-abu) sejak 21 August 2012. Indikasi ini semakin menguat dengan terdeteksinya FR pada 30 August 2012. Index dalam zona merah, extra waspada pada posisi long dan cermati kesempatan posisi short. Trend jangka panjang STSInvestor (garis orange) belum menunjukkan trend yang baru, namun masih berada pada area pelemahan yang cenderung menurun.

Tetap waspada akan volatilitas yang masih mewarnai sentiment pasar dunia dan cermati indikasi-indikasi signal yang terdeteksi oleh First Signal, baik entry, hold maupun exit.

 

DAX Market

First Signal

FR untuk DAX terdeteksi pada 30 August 2012.

STS

Current resistance 7089  and support 6909

Trend

Index terkuat zona Euro, DAX juga tidak luput dari gelombang aksi profit taking. Trendline jangka pendek STSTrader (garis abu-abu) juga menunjukkan indikasi yang serupa dengan index unggulan global lainnya sejak 22 August 2012. Hal ini akan berpelungan pergerakkan untuk menguji support level 6909. Trendline jangka Panjang STSInvestor (garis orange) belum menampakkan pergerakkan trend yang baru, melainkan masih membentuk range yang melebar.

Volatilitas tetap akan mewarnai perdagangan bursa jerman ini, mengingat kondisi europa masih berkutat pada permasalahan yang mereka hadapi. Tetap waspada akan posisi yang ada dan cermati indikasi-indikasi trend yang baru yang akan kita analisa bersama.

 

SPDR GOLD

First Signal

FG untuk SPDR-Gold terdeteksi pada 25 July 2012.

STS

Current resistance 164.40 and support 160.52

Trend

Sebagaimana terdeteksinya FG sejak 25 July 2012, didukung dengan kondisi bursa saham yang tertekan membuat peluang pergerakkan logam mulia kembali meningkat. Hal ini terlihat dengan kondirmasi pergerakkan index SPDR-Gold yang meninggalkan trendline jangka panjang yang lama STSInvestor (garis orange) sejak 03 August 2012 dan didukung dengan pembentukkan trendline jangka pendek STSTrader yang strong (garis abu-abu) membuat pergerakkan index SPDR-Gold mengalami breakout. Tetap waspada untuk para investor akan indikasi indikasi First Signal lanjutan dan manfaatkan koreksi sesaat untuk para trader.

 

BIS-Kompass

“Cermatilah, kenali dan antisipasi-lah indikasi signal yang diberikan oleh market”

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)