Indonesia Market

Peringatan akan Red Area oleh First Signal (FR 08 August 2011) masih mengharuskan para Investor bersabar untuk bergerak. IHSG masih dalam trend bearishnya walaupun dalam perdagangan minggu kemarin IHSG sempat mengalami technical rebound dan menyentuh level resistance pertamanya pada 3528, namun sebagaimana diingatkan pada BisnisInvestasiSaham fanpage di Facebook, agar para trader berhati-hati dalam menanggapi signal tersebut mengingat resistance 3701 sangat sulit dicapai dalam kondisi tekanan sentimen global yang ada. Hal ini terlihat dari pergerakkan IHSG pada resistance 3528 nya sehingga mengindikasikan para trader untuk mempertimbangkan dalam menutup posisi pada perdagangan minggu kemarin seiring resistance yang terbentuk pada masing-masing saham secara individual.

Sentimen negative global dan tekanan nilai rupiah akan kembali mempengaruhi pergerakan IHSG. Seiring pada penutupan hari ini Index masih mampu untuk bertahan dan tutup diatas support kecilnya di 3336, namun harap diperhatikan akan kemungkinan IHSG untuk kembali menguji support kuatnya pada 3313.

Para Investor masih diharuskan bersabar dalam menunggu kandidat barunya setelah Signal FR IHSG untuk melakukan strategy clear posisi pada 08 August 2011. Trader kembali dappat memanfaatkan market yang berfluktuasi dengan volatilitas yang tinggi, namun tetap disiplin akan indikasi signal oleh First Signal / STS dan perhatikan dengan cerman support dan resistance yang terjadi dimarket.

First Signal / STS masih memberikan indikasi red on IHSG market. Waspadai IHSG yang berpeluang untuk kembali menguji support kuatnya 3313 .

IHSG memiliki resistance pada 3549 dan support pada 3336.

US Market

Index Dow Jones masih bergerak sideway dalam kanalnya dengan range 11509-10733, namun tekanan sentiment negative dari benua Europa dan internal Amerika sendiri berpeluang untuk menekan index Dow Jones pada supportnya.

Pergerakkan Index  Dow Jones yang volatile namun tetap dalam rangenya menyebabkan trend pergerakkan tidak menentu. Kembali diharapkan untuk bersabar bagi para investor, mengingat market kembali berapa dalam Red Areanya. Dan Trader diharapkan berhati-hati dalam memilih kandidat seiring indikasi First Signal / STS dan  resistance serta support yang terbentuk.

Berita baik dari benua Europa dan internal perkembangan stabilitas politik serta data ekonomi Amerika akan sangat memperngaruhi pergerakkan market pada perdagangan minggu ini.

First Signal / STS memberikan indikasi red on Dow Jones market. Kita nantikan apakah support ini kembali berhasil menahan laju koreksi index Dow Jones.

Index Dow Jones memiliki resistance pada 11190 dan support pada 10733.

SPDR GOLD

Support kedua GLD pada 156.78 berhasil menahan tekanan jual pada GLD untuk sementara dimana pada perdagangan minggu kemarin komoditas Gold mengalami tekanan kuat akibat penguatan mata uang US dollar.

Kita pantau pergerakan komoditas emas ini pada perdagangan minggu ini apakah support yang terbentuk ini mampu menahan laju koreksinya dan membuat market membentuk technical rebound untuk GLD.

Demikian untuk Gold, Investor diharapkan bersabar untuk menanti trend panjang yang terbentuk, dan trader pantau indikasi First Signal / STS dengan seksama dalam memanfaatkan market.

First Signal / STS masih memberikan indikasi red on SPDR-Gold.

SPDR Gold  memiliki resistance pada 184.59 dan support pada 156.78.

“Hindarilah memprediksi arah pergerakkan market, tetapi antisipasilah setiap tanda-tanda yang diberikan oleh market”

 

Happy Trading,

BisnisInvestasiSaham (BIS)